Fosil Manusia Pertama di Temukan di Etopia

Fosil Manusia Pertama
http://www.miamiherald.com/

Fosil Tulang Rahang

Fosil Tulang Rahang berusia 2,8 juta tahun ini ditemukan oleh seorang mahasiswa Ethiopian, Chalachew Seyoum, di kawasan penelitian Ledi-Geraru di Negara Bagian Afar. Rabu,04/03/2015. Sebelumnya, Fosil Tulang Rahang Atas berusia 2,35 juta tahun ditemukan di Hadar, Ethiopia. Para ilmuwan menduga fosil Tulang Rahang tersebut merupakan salah satu bagian dari Tulang manusia pertama di dunia.

Fossil
(news.wbt.com)

Fosil tersebut merupakan rahang kiri bawah orang dewasa. Ini menggabungkan fitur leluhur, seperti dagu bentuk primitif, dengan beberapa ciri-ciri yang ditemukan di fosil Homo, seperti gigi yang lebih ramping dari geraham bulat sejenis Luci.

Profesor Brian Villmoare dari Universitas Nevada di Las Vegas, Amerika Serikat, mengatakan tulang rahang tersebut memperjelas hubungannya dengan hominin atau primata seperti manusia yang berusia 3,2 juta tahun yang ditemukan di wilayah yang sama pada tahun 1974. BBC, Rabu.04/03/2015

Fossil Hominin
Tengkorak dari Sahelanthropus tchadensis, dianggap oleh beberapa peneliti Templat:Whom sebagai fosil awal dari hominin. (id.wikipedia.org/wiki/Hominini)

Primata adalah mamalia yang menjadi anggota Ordo Biologi. Di dalam ordo ini termasuk lemur ,Tarsius, Monyet, Kera, dan Manusia. Hominini adalah Suku Homininae yang terdiri dari Homo dan anggota dari klade manusia setelah terpisah dari suku  Panini atau Simpanse. Seluruh primata memilik lima Jari, bentuk gigi yang sama dan rancangan tubuh primitif.

Team Penelti The Ledi-Geraru Research
Team Peneliti Ledi-Geraru Research,Field Researchers 2013 (public.asu.edu)

Menurut Public.asu, Kawasan penelitian Ledi-Geraru berposisi di antara Awash dan cekungan Sungai Ledi di timur laut Ethiopia. Letak penggalian fosil yang ditemukan agak ke utara dari situs Hadar. Pertama kali penelitian ini dilakukan oleh International Afar Research Expedition (IARE) dari tahun 1972 sampai 1974 dan  mereka  fokus pada daerah Hadar, dan (IARE) menemukan fosil mamalia yang menarik dari seluruh wilayah.

Iklan

2 thoughts on “Fosil Manusia Pertama di Temukan di Etopia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s