Belajar Mengenal Batu Turquoise

pirus3Batu Turquoise/Pirus

Orang Persia zaman dulu  menyebut batu ini dengan istilah  “pirouzeh“yang berarti “kemenangan”.

sacara tradisi orang presia mempercayai  barang siapa yang memakai batu ini akan di anugerahi kemenangan atau sembuh lebih cepat dari luka akibat perang.

Tingkat kekerasan batu Turquoise ini mencapai 5-6 skala Mohn.  Unsur penyusun batu ini adalah Aluminium, Phosphorzuur, Air, Tembaga, dan Besi.

Warna Turquoise  cukup bervariasi, yaitu  hijau,  biru, ungu,  dan ada yang agak putih-hijau dengan sedikit retakan.Perpaduan warna  biru dan kehijau-hijaun di sebabkan adanya   fosfat hydrous tembaga dan aluminium dengan rumus kimia CuAl6 (PO4) 4 (OH) 8 · 4H 2O.


 

Batu Pirus berurat merah gambar nagaAsal Usul Nama Turquoise

Pada 2.000 tahun sebelum Masehi Negara Persia,  sekarang populer di kenal dengan nama negara Iran merupakan sumber penting dari Turquoise.
Nama Turquoise  merupakan istilah orang Perancis untuk menyebut batu dari Turki atau  “Turkish” ini,

Dulu para  pedagang Venesia sering membeli batu di pasar-pasar Turki. banyak batu pirus yang mungkin berasal dari Iran atau Semenanjung Sinai diperdagangkan ke Eropa oleh orang-orang Turki

Di Indonesia  “pirouzeh”  di ucapkan ” Pirus” yang berasal dari kata bahasa arab Fairuz.  Mungkin yang di maksud oleh orang arab  adalah batu dari Persia. sedangkan kata “pirouzeh”  di Perancis di sebut “pierre” diterjemahkan sebagai “batu Turki “.

Mungkin itu kesalahpahaman pedagang Venesia jaman dulu yang mengira Pirus merupakan batu alam  yang di tambang di negara Turki sehingga sampai saat ini orang Eropa menyebut batu ini sebagai Batu Turquoise.


turqois2Turquoise Mesir

 Turquoise di gunakan  oleh orang Mesir dan ditambang di Semenanjung Sinai, yang disebut “Negara Turquoise” oleh pribumi Monitu, Mungkin sekitar 6000 SM. sebelum Persia mengenal batu ini.

Pirus yang berasal dari daerah Mesir cenderung lebih hijau daripada biru. Pirus Mesir saat ini kurang di minati  konsumen Desember-Birthstone.

Kandungan zat besi yang tinggi,  akan membuat batu pirus menjadi berwarna hijau. ini disebabkan beberapa besi menggantikan aluminium di mineral. sering disebut sebagai Turquoise Mesir.


Turqouse HubeiTurquoise Hubei

Setidaknya 3700 tahun atau 1700 SM, Turquoise ditambang di Ma’ashan, daerah Shanghai, Cina.  sebagian besar tambang Batu Pirus terletak di Provinsi Hubei,

Turquoise  Hubei kadang-kadang berwana biru brilian, warna ini sudah sejak lama disukai oleh penggemar batu pirus. selain di Ma’shan terdapat juga tambang pirus di Huangcheng, Jinliantong, dan Labashan.


turqois/pirusTurqouise Persia

Turquoise atau Pirus merupakan mineral tidak tembus cahaya.  Warna batu ini cukup unik,   Keunikan batu ini tidak bening akan tetapi buram tidak seperti batu lainnya.

Kandungan tembaga pada batu pirus  menghasilkan warna bernuansa biru.  Warna Ini merupakan warna yang paling bernilai dan berharga. sering di sebut Turquoise Persia.


Turqouse urat emasTurqouise Urat Emas

Kandungan Seng pada batu pirus akan menghasilkan  warna kuning-kehijauan. Warna kuning adalah warna yang langka, Warna kuning “Turquoise.” biasanya merupakan campuran kuarsa dan jasper,
jenis ini  hanya dapat ditemukan di beberapa tambang.


Turquise SintetisTurqouise Sinteteik

Sejumlah kecil Turquoise sintetis diproduksi oleh Perusahaan Gilson pada tahun 1980-an, Sedangkan Turquoise Imitasi dan Turquoise sintetis diproduksi oleh Rusia dan Cina sejak tahun 1970-an.

Turquoise sintetis diproduksi dengan warna biru langit, kadang-kadang dengan anyaman laba-laba warna abu-abu. Gambar di atas merupakan Pirus Sintesis produksi Rusia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s