Keunikan Jokowi : Siapa Saja Bisa Pake Sorban

jokowi-aksi-damai-212Jokowi Juga Bisa Pake Sorban

Malam sudah mulai larut tapi hujan deras di sekitar tempat tinggal saya masih belum juga akan mereda. Air hujan yang mengalir di atas atap rumah sedikit demi sedikit menetes membasahi lantai, karena memang ada beberapa genteng di sana yang merosot akibat terpaan angin yang cukup kencang, tidak hanya merosot bahkan ada juga genting bocor. yang belum sempat di perbaiki. Air hujan yang menetes itu membuat udara malam di ruangan saya menjadi semakin dingin.

Entah kenapa di tengah-tengah dinginnya udara malam dan hujan, tiba-tiba muncul dalam pikiran saya untuk membuka email, seingat saya terakhir kali membukanya mungkin sudah 90 hari yang lalu, itupun terpaksa saya lakukan karena harus segera melihat nilai. Maklum saja sebab saya adalah orang yang tidak hobby bergabung di group facebook. Sehingga berkas nilai di kirimkan lewat email. Pandangan saya juga tertuju pada jarum jam yang terletak di dinding rumah, tak terasa kedua jarum jam sudah sejajar tepat di angka 12.

Meskipun sampai jam 12 malam hujan tetap saja tidak berhenti, sambil nonton acara di televisi saya iseng membuka email dengan harapan barangkali ada pesan yang nyasar, dan pesan dari teman saya yang belum sempat saya baca. Ehh.. ternyata setelah saya lihat di inbox, ada sebuah kiriman foto yang unik. salah satu teman saya mengirimkan foto yang sudah dihapus backgroundnya.

Menghilangkan background foto memang kebiasaan saya dan itu saya lakukan hampir di setiap postingan, sepetinya ia memang mengerti betul kebiaasaan saya memposting artikel dengan background foto yang di hapus, Keunikan Jokowi tidak hanya jurus politik payung biru, ini juga keunikan jokowi, Jokowi juga bisa pake Sorban“.begitu tulis teman saya. Mungkin pendapat teman saya ini ada benarnya.

Sorban memang banyak kita temukan di mana-mana, kita tidak akan kesulitan untuk mencari tempatnya karena banyak orang yang menjualnya. Ketika musim haji, beberapa jamaah ada juga yang memberikan sorban dan tasbih secara gratis sebagai suvenir dari tanah mekkah.Banyak juga orang yang memakainya dari anak-anak, remaja,dewasa dan kakek-kakek, tidak hanya kelompok tertentu, kelompok yang tidak tertentu kadang juga suka mengenakannya. Karena memang siapa saja bisa pake sorban.

Di kota seperti Jakarta dan kota lain, mungkin tidak umum orang awam mengenakan sorban, tapi di sebuah desa tempat kakek nenek saya tinggal sekaligus tanah kelahirannya, sorban tidak hanya di gunakan tokoh agama, orang awampun mengenakannya meskipun mereka belum pernah naik haji, tidak hanya ketika akan melaksanakan shalat jumat tapi juga dalam shalat sehari-hari. Mereka sangat bangga mengenakan tutup kepala versi arab ini karena memakai sorban merupakan sunnah Nabi dan di anjurkan memakainya ketika melaksanakan sholat.

Dalam kehidupan sehari-hari kebiasaan masyarakat dalam mengenakan tutup kepala memang berbeda-beda, begitu juga dengan Jokowi, sebagai orang Solo ia lebih akrab dengan tutup kepala versi keraton solo yang di sebut blangkon dari pada Sorban. Asal usul orang jawa membuat blankon menurut salah satu cerita, karena mereka terinspirasi dari tutup kepala warna putih yang di pakai penyebar agama Islam jaman dulu, yang datang dari Tiongkok dan Gujarat.

Setelah saya perhatikan sepertinya foto jokowi pake sorban yang di kirim teman saya itu adalah penampilan Jokowi ketika masih belum menjabat sebagai Presiden.Jokowi memang pernah berpenampilan seperti penyebar agama Islam ketika menghadiri acara Jakarta Night Religious Festival, kala itu Jokowi pake sorban putih serta celana hitam, Pada kesempatan lain, Jokowi pernah juga dikalungkan sorban oleh KH Adib Rofiuddin Izza dalam sebuah acara pembukaan Muktamar.

Tanpa terasa sepertinya saya hanyut bercerita tentang sorban, padahal malam sudah semakin dingin, namun hujan deras di tempat saya masih juga belum ada tanda-tanda akan segera mereda, perlahan lahan kedua mata saya mulai lelah dan ingin segera merebahkan diri, sebelum saya tidur, tanpa pikir panjang langsung saja saya posting artikel ini tanpa perlu memikirkan judul dan isinya terlebih dahulu. Urusan artikel yang secara khusus membahas keunikan Jokowi pake sorban akan saya tulis di lain waktu.

Tinggalkan Balasan

