Membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) itu Mudah tapi Sulit

dasar-dasar jurnalistik4 PTK Dalam Satu Bulan

Penelitian tindakan kelas atau kata orang Ingris di sebut CAR ( Clash Action Research ) saat ini menjadi primadona penulisan karya Ilmiah di perguruan tinggi tentunya bagi mahasiswa yang menempuh jurusan pendidikan,. Selain itu karya ilmiah ini menjadi salah satu syarat kenaikan pangkat bagi PNS guru golongan III B ke atas, khusus untuk golongan 4 a ke 4 b syaratnya harus membuat Empat PTK.

Semula saya mengira menulis 4 karya tulis ilmiah model PTK untuk kenaikan Pangkat dalam satu bulan itu mudah, tinggal membuat judul penelitian, tulis latar belakang masalah, landasan teoritis , metodelogi penelitian, membuat lembar observasi, setelah tahap ini selesai kita cukup mengisi lembar observasi secara acak, lalu kita tulis hasil penelitian berdasarkan lembar observasi tersebut kemudian kita lanjutkan menulis pembahasanya di bab 4, maka semua urusan selasai.

Ternyata, gara gara dugaan saya itu kehidupan sehari hari saya, yang biasanya santai dan tidak di kejar waktu berubah total, saya jadi sibuk selama satu bulan ini, saya harus membuat 4 PTK dalam waktu satu bulan dengan judul yang berbeda dan harus orisinil. Sebisa mungkin judul berbeda dengan judul PTK yang banyak beredar di situs Internet.

Meski setengah terpaksa tetap harus saya kerjakan Sebab satu bulan yang lalu, Uang muka pemesan PTK sudah saya terima 25%, sebesar satu juta rupiah, hitung hitung untuk penghasilan tambahan sekaligus membantu kesulitan orang lain..sebab rata rata karena kesibukannya mengajar dan mengurus keluarga sebagian besar guru tidak punya waktu membuat karya tulis ilmiah apalagi tidak punya pengalaman menulis.

Ehh…ternyata membuat 4 PTK dalam satu bulan itu tak semudah yang saya bayangkan, dari proses awal menulis memang mudah namun setelah itu, di tengah jalan proses penulisan banyak kendala yang muncul, rasa malas kadang datang tanpa di undang dan anehnya banyak kondisi eksternal yang mengganggu penulisan PTK, keadaan ini tidak seperti yang saya duga sebelumnya.

Secara teknis menulis PTK memang terlihat mudah, misalnya membuat latar belakang masalah. kita bisa memulai dari melakukan identifikasi masalah sendiri, Untuk landasan teori, kita tinggal copy paste beberapa definisi yang sesuai variabel penelitian dari internet, lalu kita beri ulasan secukupnya. selanjutnya metode penelitian, menurut saya, semua PTK sepertinya hampir sama, kita tinggal merubah tabel agar sesuai dengan lembar observasi dan merubah beberapa kalimat agar sesuai dengan judul, sedangkan untuk menulis bab 4, kita tinggal menulis cerita saja…selesai dah.

Meskipun terlihat mudah tapi membuat PTK benar benar membuat saya lelah dan letih. Tiap malam saya menulis kalimat demi kalimat sampai tidak tidur sampai subuh, masih mengedit tulisan sana sini agar nyambung dan enak di baca, bahkan saya selalu ganti judul berkali kali cari yang sreg di hati, akibatnya ganti lembar observasi berkali kali dan menulis Bab 4 juga bongkar pasang.

Apa yang terjadi…sampai malam ini dari 4 PTK PESANAN hanya satu judul saja yang selesai saya kerjakan. Masih ada Tiga judul PTK lagi yang harus di selesaikan padahal orang yang bersangkutan sudah berkali kali menghubungi saya, ia meminta 4 PTK yang di pesan agar segera di selesaikan. Untung saja, ia masih tetangga teman akrab saya, jadi yang di kejar kejar sebagai Makelar PTK adalah teman saya.

Mudah mudahan tiga PTK yang belum di kerjakan tersebut bisa saya selesaikan dalam waktu dua hari , mulai malam sedikit demi sedikit akan saya kerjakan sebab batas toleransi waktu terakhir hari senin, 18/07, artinya harus bergerak cepat karena hari senin tanggal 18 sudah besok lusa. Di hari itu juga PTK sudah harus ada di tangan pemesan.

Pemesan PTK itu seorang guru perempuan di sekolah MTS , sepertinya Orangnya baik hati sabar dan tidak sombong, tahun 2016 ini ia berencana mengajukan kenaikan pangkat dari 4a ke 4b. Semua itu di lakukan untuk menambah kesejahteraan hidup, Semoga keinginannya naik pangkat mendapatkan kemudahan dan di jauhkan dari kesulitan. Amien.

2 thoughts on “Membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) itu Mudah tapi Sulit”

Tinggalkan Balasan

