Kisah Rabi’ah Al Adawiyah, Penuhi Janji Kepada ALLAH

Robiah AdawiyahJanji Ibadah Tanpa Henti

Rabi’ah dan ketiga saudara perempuannya memutuskan untuk berkelana ke berbagai daerah untuk bertahan hidup. Dalam pengembaraanya, Rabi’ah terpisah dengan ketiga saudara perempuannya sehingga ia hidup seorang diri. pada saat itulah sekelompok penyamun menculik Rabi’ah  lalu menjualnya seharga enam dirham. Pedagang yang membeli Rabi’ah  memperlakukannya dengan kejam. Rabi’ah pun bermunajat kepada Allah.

Dalam munajatnya itu  Robiah berjanji.  jika Tuhan membebaskan ia dari perbudakan yang tidak manusiawi itu maka ia bersumpah akan selalu beribadah tanpa henti. Akhirnya Tuhan mengabulkan doanya, pedagang yang kejam itu membebaskan Rabi’ah setelah melihat keajaiban. Sebelum Rabi’ah meninggalkan rumahnya, Pedagang itu menawarkan Rabi’ah untuk tinggal di Basrah dan segala keperluan dan kebutuhan hidupnya akan di tanggung,  ia  pun menolak niat baik mantan majikannya itu, Rabi’ah  lebih memilih hidup bersahaja demi memenuhi janjinya kepada ALLAH, Sepanjang hidupnya, sesuai janjinya Sufi perempuan ini hanya  beribadah saja, siang dan malam tanpa henti sampai ia menutup mata.

Setiap malam Robiah menyibukkan diri dengan sholat, ia hanya tidur sebentar sebelum fajar menyingsing di cakrawala. Siang hari ia habiskan dengan ibadah. Meski ia menjalani kehidupan dengan banyak ibadah tapi Robiah masih merasa Malu kepada ALLAH. Sampai ia tak mau menengadahkan kepalanya ke langit selama 40 tahun.

Pada saat Robiah harus menghadap LANGIT, orang orang yang menunggu keberangkatannya meninggalkan kamarnya dan menutup pintu kamar Robiah dari luar. Sesaat kemudian mereka mendengar suara” Wahai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan penuh kedamaian dan ketentraman”.

Setelah suara dari kamar Robiah itu tak terdengar lagi, orang orang yang menungguinya membuka pinta kamar Robiah. Mereka melihat Robiah telah pergi menghadap Langit. Sufi perempuan ini pergi ke alam kehidupan selanjutnya dengan penuh kedamaian tahun 135 H/752 M di kota Basrah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s