Lebaran Ketupat, Jantung dan Hati

ketupatKetupat Simbol Hati

Ketupat, cara membuat makanan khas lebaran hari ketujuh ini di anyam dengan janur kuning, bentuknya persegi empat namun jika kita amati  dengan seksama bentuk Ketupat mirip dengan jantung hati. Saya katakan jantung hati karena meski bentuknya mirip jantung tapi yang di maksud adalah hati. Mungkin sejak jaman Hindu Budha (Shiva Budha) Ketupat di gunakan sebagai simbol hati yang bersih dan suci.

Para leluhur kita jaman dahulu tidak sembarangan membuat suatu simbol untuk kepentingan spritual, Simbol merupakan sebuah tanda yang dipilih dari sesuatu yang mudah di ingat agar pesan  yang akan di sampaikan dapat di fahami dengan mudah. Manusia modern saja akan berfikir 1000 kali untuk membuat desain logo perusahaan atau merk produk yang akan di pasarkan. Tujuannya jelas agar orang bisa memahami pesan dengan hanya mengingat simbolnya saja.

Leluhur kita di zaman dahulu merupakan penganut  ajaran Shiva Budha, Mereka sangat taat menjalankan ajaran tersebut, apalagi kerajaan majapahit menjadikan agama Shiva Budha sebagai agama resmi negara. Kala itu Ketupat sudah mereka gunakan sebagai sesaji dalam berbegai acara ritual keagamaan atau upacara persembahan.  Ketupat ini di pilih karena bentuknya mirip Jantung atau Hati, di mana dalam ajaran Hindu merupakan tingkat kesadaran ke Lima atau yang di sebut dengan Anhat Cakra, Cakra Hati.

 

Bersambung

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s