Kepastian Hari Raya Idul Fitri 2016 Hasil Sidang Istbat

Lebaran Jatuh Pada Hari Rabu, 6 Juli 2016

Pemerintah RI melalui Kemenag, menetapkan Hari Raya Idul FitrI Tahun ini jatuh pada hari Rabu pahing tanggal 6 juli 2016.  Proses penentuan awal Syawal ini menggunakan metode hisab dan rukyat. Hal itu sebagaimana diatur di dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah.

Lukman Hakim Saifuddin Kepala Menag RI mengatakan keputusan itu diambil berdasarkan laporan dari kurang lebih 90 titik tim rukyah yang ada di Indonesia. Seluruh pelapor menyatakan hilal tidak terlihat maka sidang menyimpulkan posisi hilal masih di bawah ufuk. Jadi 1 Syawal jatuh pada hari Rabu, besok hari Selasa, kita masih berpuasa.

Keputusan ini juga  sesuai prediksi dari beberapa ahli hisab dan akademisi astronom modern, yang menyatakan Hilal mustahil di lihat karena posisi tinggi hilal setelah terbenamnya matahari minus 2 derajat di bawah ufuk..

Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Pusat Ma’ruf Amin mensyukuri hasil tersebut karena tidak ada perbedaan NU dan Muhammadiyah dalam penetapan 1 syawal 2016, kedua organisasai Islam terbesar di Indonesia ini akan merayakan lebaran bersama-sama, ia mengatakan ” Jadikan ini momentum untuk mempererat ukhuwah islamiah. Marilah kita satukan kerangka berpikir kita, satukan juga pernyataan-pernyataan kita, dan gerakan kita,

Selamat Hari Raya Idul Fitri 2016, Saatnya Bercermin dan Memaafkan, Kami Ucapkan Mohon Maaf Lahir Batin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s