Hati-Hati dengan “BUAH DURIAN” Salah Makan Berbahaya

manfaat durian untuk kesehatanBahaya Salah Makan Jenis Buah Durian

Buah durian adalah satu-satunya buah di dunia yang di daulat sebagai rajanya buah,  entah oleh siapa dan sejak kapan gelar keren tersebut di resmikan, tapi yang jelas, Mengkonsumsi raja buah yang mengandung gizi yang lengkap sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Namun  jika salah memakan jenis buah durian resikonya sangat fatal, Bukan kesehatan yang akan kita dapatkan tetapi beberapa penyakit berbahaya akan muncul dan mengancam kesehatan. seperti Serangan Jantung, Deabetes, dan Keguguran bagi ibu hamil. Untuk itu kita perlu mengetahui kategori  “Buah Durian” yang sehat, agar terhindar dari resiko “Bahaya Salah Makan Jenis Buah Durian”


Durian Sehat vs Durian Tak Sehat

Menurut ahli Gizi, Buah yang aromanya menyengat dan berduri ini ada dua kategori, yaitu Durian Sehat dan Durian Tidak Sehat. Buah durian sehat adalah durian yang mengkal atau setengah matang, dan daging buah nya masih agak keras.  Sedangkan buah durian yang tidak sehat adalah buah durian yang terlalu matang dan sangat manis.

Durian Sehat diakui secara resmi oleh US Food and Drug Administration. Durian setengah matang mampu mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan stroke,. Menurut penelitian di The New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa makan durian setengah matang sebagai bagian dari menu harian dapat mengurangi resiko kematian akibat stroke sampai 40%.

Penelitian terhadap  200 pelajar di Twickenham (Middlesex) school menunjukkan bahwa kalium buah durian yang tinggi dapat membantu siswa lebih perhatian/serius pada pelajaran.  yakni dengan memberi sarapan durian setengah matang sebelum ujian.

Hal tersebut merupakan fakta medis yang membuktikan kandungan kalium tinggi dengan kadar garam yang rendah  pada Durian Sehat dapat membantu mengurangi penderita Stroke dan tekanan darah. Kalium adalah elektrolit yang penting di dalam sel-sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah.

Sementara itu, Buah durian tak sehat, yang rasanya manis, mengandung glukosa yang sangat tinggi, hal ini bisa memicu naiknya kadar gula darah, sehingga resiko terkena diabetes akan semakin besar. Sedangkan karbohidrat yang terkandung dalam buah durian yang terlalu matang dan manis akan berfermentasi menjadi alkohol.

Jika durian sudah terlalu matang dan rasanya sangat manis, maka karbohidrat di dalamnya akan berfermentasi menjadi alkohol”. kata Samuel Oetoro, dokter spesialis gizi klinik dari Siloam Hospital, Jakarta, sebagaimana di lansir CNN Indonesia, Kamis(18/12).


Efek Alkohol Hasil Fermentasi Buah Durian

Alkohol hasil fermentasi buah durian adalah etanol atau grain alcohol. Secara medis, Etanol telah banyak dibuktikan dapat menyebabkan kelainan pada metabolisme lipoprotein, sintesis kolesterol dan penurunan sintesis asam empedu, asam kolat, fosfolipid, serta penurunan aktivitas enzim 12 alpha-hydroxylase. sedangkan hubungan antara asupan alkohol yang tinggi dan peningkatan tekanan darah telah dibuktikan dalam berbagai penelitian.

Efek etanol atau grain alcohol hasil fermentasi Durian Tak Sehat tersebut juga dapat menaikkan tekanan darah penderita hipertensi. Tekanan tersebut akan memicu detak  jantung lebih cepat dan akan berpotensi memicu serangan jantung. Jika tekanan darah dan jantung menyerang secara bersamaan, resiko kelumpuhan dan kematian mendadak pun bisa terjadi. Sebagai tambahan Beberapa efek dari konsumsi etanol jangka panjang untuk wanita hamil akan menyebabkan sindrom alkohol fetal.

Inilah yang  membuat kesalahan memilih dan mengkonsumsi jenis durian akan berakibat fatal dan membahayakan kesehatan. Karena itu, dokter spesialis gizi klinik dari Siloam Hospital, Jakarta, Samuel Oetoro, menyarankan pilihlah durian sehat, yaitu durian yang mengkal atau setengah matang, dengan daging buah yang masih agak keras.  Agar kesehatan kita tetap terjaga.

Sekian Athisa88, semoga artikel “Bahaya Salah Makan Jenis Buah Durian” ini bermanfaat.


Daftar Pustaka.

  1. (Inggris)“Effects of acute and chronic ethanol intake on bile acid metabolism”. Monroe P, Vlahcevic ZR, Swell L
  2. The Effect  Of  Celery Ethanol Extract
  3. “Alkohol”(Wikipedia.org) 
  4. “Etanol” (Wikipedia.org) 
  5. “Diet Hipertensi”( Wikipwdia.org)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s