15 Desember, Hari Teh Internasional

hari teh internasional2Momen Peringatan Hari Teh Internasional

Teh merupakan sumber alami kafein, teofilin dan antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Teh bila diminum terasa sedikit pahit yang merupakan kenikmatan tersendiri dari teh.

Setiap tanggal 15 Desember telah  di tetapkan sebagai hari teh internasional, Dalam acara tahunan ini  ada momen yang menarik, Setiap bangsa akan  menampilkan tradisi minum dan cara menyeduh teh dengan benar.

Seperti   cha no yu dan Darye.  cha no yu adalah ritual minum teh tradisional Jepang. Teh disiapkan secara khusus  dan dinikmati sekelompok tamu di ruangan khusus untuk minum teh yang disebut chashitsu.

Sedangkan Darye adalah etika minum teh atau tatacara minum teh yang telah diwariskan oleh nenek moyang bangsa Korea  ribuan tahun lalu


Cara Menimati TehCara Menikmati Teh Yang Benar

Teh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh asalkan dikonsumsi dengan cara yang benar. Secara umum orang menikmati  teh lebih dari satu kali seduhan , Padahal meminum teh yang sudah melewati satu penyeduhan, tidak akan mendapatkan manfaat apa-apa.

Emilia E. Achmadi MS., RD selaku Clinical Dietician menjelaskan bahwa teh yang sudah melewati proses penyeduhan lebih dari satu kali, maka rasa dari teh itu akan hilang.

Selain itu, kandungan teh yang sebenarnya berguna untuk tubuh, juga hilang begitu saja. Sebab, antioksidan akan hilang bersama katekin ketika penyeduhan teh lebih dari satu kali 

Setelah seduhan pertama, antioksidan dari katekin yang ada di dalam teh akan hilang dan tubuh tidak akan mendapatkan manfaat dari katiken tersebut,” kata Emilia dalam acara `Ichi Ocha, Minuman Teh Hijau Dalam Kemasan Pertama dengan 1 Kali Proses Penyeduhan`, The Only One Club, FX Lifestyle X’enter, Jakarta, ditulis Kamis (6/2/2014)(Liputan6.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s