Nu couché, Lukisan Wanita Tanpa Busana Di Lelang laku terjual 170.400.000 Dollar

Amedeo Modigliani, Nu couché2,Rekor Lukisan Termahal, Karya Amedeo Modigliani 

Lukisan wanita berbaring tanpa busana karya pelukis modernis Italia Amedeo Modigliani laku terjual seharga $ 170.400.000 atau 2,3 triliun Rupiah di acara lelang Christie di New York pada hari Senin, 09/11/2015, Nu couché (Reclining Nude) dilukis selama 1917-1918. Dengan nilai nominal tersebut Nu couché meraih rekor lukisan termahal untuk karya modernis Italia yang pernah terjual.

Lukisan karya Modigliani yang dibuat untuk Leopold Zborowski tersebut merupakan salah satu serangkaian lukisan tanpa busana yang paling sering di publikasikan, konon, ketika pertama kali lukisan itu di pamerkan di Galerie Berthe Weill di Paris, Beberapa pihak  merasa tersinggung dan marah lalu otoritas Paris menugaskan polisi untuk segera membubarkan acara tersebut.

Seniman italia ini dikenal sebagai pelukis potret dan telanjang dengan gaya modern yang ditandai dengan pemanjangan wajah dan figur. Acara lelang yang di selenggarakan di Christie di New York (09/11) kemarin sengaja memamerkan karya lukis Amedeo Modigliani untuk menegaskan dan menghidupkan kembali semangat melukis model telanjang sebagai karya lukis modernis.

Jussi Pylkkänen, Global Presiden Christie dan Chief Auctioneer, menyatakan “Ini cukup sederhana salah satu lukisan paling penting yang telah saya tangani selama karir saya di Christie

Ia melanjutkan “Nude ini perempuan yang kuat dan mulia, sebuah karya keindahan abadi dan salah satu karya terbesar seorang seniman”, sebagaimana di lansir dalam situs Christies.com

Menurut Jussi Pylkkänen, menjadi penanggung jawab penjualan lukisan yang mengguncang fondasi konvensi karya Modigliani itu merupakan kehormatan khusus. Mariolina Bassetti, Ketua Christie dan Direktur Internasional, Italia, menambahkan, “Ini adalah lukisan yang mendefinisikan Modigliani. ‘

Mangkuk Cheng HuaLiu Yiqian, Kolektor China yang Menghebohkan

Pembeli Lukisan Nu couché (Reclining Nude) itu seorang pengusaha kaya asal china bernama  Liu Yiqian,  ia di kenal sebagai kolektor china yang selalu menghebohkan.

Di acara  pameran Christie di New York kemarin, Pengusaha properti itu rela mengeluarkan dana sebesar 1084000000 yuan atau senilai 2,3 triliun Rupiah hanya untuk  memiliki lukisan wanita berbaring tanpa busana karya Amedeo Modigliani,

Doucai ChenghuaAwal 2014 lalu,Liu menarik perhatian media, pasalnya kolektor ini menghebohkan pasar seni internasional, Kolektor ini mengeluarkan uang USD $ 36.300.000 hanya untuk mengoleksi Doucai Chenghua,  sebuah cangkir mungil  bermotif ayam jago yang terbuat dari porselen dari masa pemerintahan Kaisar Chenghua.

Tidak hanya itu Liu Yiqian, pria yang mendirikan Museum di Shanghai itu  juga pernah menghebohkan pasar barang bersejarah, kolektor china  ini membeli sulam sutra dari kekaisaran Thangka, sebuah lukisan makhluk suci Budha dan mandala yang di sulam di atas kain sutra seharga $ 45 juta.

Pria menghebohkan ini membeli benda tersebut pada November 2014. Itu harga tertinggi untuk sebuah karya seni Cina yang terjual di international auction house. Benda-benda bersejarah tersebut  kabarnya akan  di pamerkan di Long Museum pusat bersejarah Shangha di Puxi

Pada 2010 Peningkatan kekayaan liu Yiqin juga menghebohkan, nilai properti real estate pengusaha china itu meningkat drastis menjadi $ 10 miliar yuan atau setara dengan USD $1,613,970,528.90 selama 19 tahun terakhir.

Menurut Forbes, pada23 Juli 2015,  Kolektor china itu memiliki kekayaan bersih USD $ 1370000000. mantan penjual tas dan sopir taksi itu berhasil menduduki peringkat ke 163 orang terkaya di Cina dan 1,533 terkaya di dunia .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s