Surat Kabar Kertas, Generasi kedua jurnalistik

Surat Kabar KertasSurat Kabar Kertas Pertama, Generasi kedua Acta Diurna

Jika Acta Diurna, Surat Kabar di masa romawi masih di tulis di atas meja atau di atas sebuah lempengan logam, Pada perkembangan berikutnya, Generasi kedua Diurna ini  ditulis di atas kertas.

Di Venesia, terbit Surat kabar kertas pertama, yang di beri nama Gazetta, isi berita yang di muat di surat kabar itu seputar pengumuman pemerintah kota Venesia di samping berita-berita lainnya.

Surat kabar kertas pertama ini terbit setelah Eropa mengenal teknik pembuatan kertas. sebelumnya, teknik ini di rahasiakan oleh kekaisaran China, Bangsa Han berhasil menyimpan rahasia pembuatan kertas selama berabad-abad.

Teknik tersebut di temukan oleh seorang pegawai istana kaisar Ho Ti di China, yang bernama Tsai Lun berkebangsaan Tionghoa yang hidup di zaman Dinasti Han, ia menemukan teknik pembuatan kertas tersebut sekitar tahun 105 masehi,

Awalnya ia membuat kertas dari kulit kayu murbei, bersama dengan kulit tersebut, di rendam juga bahan rami, kain bekas, dan jala ikan. Setelah menjadi bubur, Tsai Lun menekan bahan itu hingga tipis lalu di jemur, lalu jadilah kertas setelah bahan itu kering.

Teknik pembuatan kertas ini baru di kenal orang Eropa sekitar abad ke 12. setelah itu, barulah Eropa membuat surat kabar menggunakan kertas. Sebelum kertas di temukan, orang menulis di atas papirus, terutama di Roma, Mesir, dan Yunani, selain menggunakan papirus, sabagian orang menggunakan kulit kambing dan lembu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s