Surat Kabar Cetak, Generasi ke Tiga Jurnalistik

Relation News PapaerSurat Kabar Cetak Pertama dan Selanjutnya

Walaupun mesin cetak sudah di temukan tahun (1400-1468),Surat kabar cetak terbit pertama kali di abad ke 17, tepatnya tahun 1609 di staarsburg dengan nama relation. Kelahiran Surat kabar ini di gagas oleh Johan Carolus.

Generasi ke tiga dari Acta Diurna ini bentuknya masih berupa pamflet, dan dikenal dengan Petisi Carolus. Ditemukan di data arsip Strasbourg Municipal pada tahun 1980. Surat kabar cetak pertama ini di terbitkan  dua abad setelah di temukan mesin cetak.

Mesin cetak tersebut di temukan olah Johann Gutenberg dua ratus tahun sebelum surat kabar cetak itu di terbitkan, Mesin ini bekerja dengan cara menekan kertas di atas susunan huruf.

Penemuan Gutenburg ini membuat perkembangan surat kabar semakin luas , proses produksi surat kabar mulai di lakukan secara massal. Karena proses cetak ini di lakukan dengan menekan kertas di atas susunan huruf(image) dengan menggunakan silender atau penekan datar lainnya, muncul istilah Pers (press), lalu orang menyamakan istilah jurnalisme dengan “pers”.

Tak lama setelah surat kabar cetak pertama itu terbit kemudian negara-negara lain di Eropa menyusul, Pada tahun 1618 di Belanda terbit surat kabar Courante van Uyt Italien Duytshlandt ec, di pelopori oleh casper van hilton. lalu di inggris Tahun 1622 terbit surat kabar cetak yang di beri nama Currant of General News, Surat kabar ini di terbitkan oleh Nicholas Bourne dan Thomas Acer.

Lalu tahun 1631, Perancis menerbitkan surat kabar cetak yang di beri nama Gazette de france. di terbitkan oleh seorang dokter bernama Theopraste Renaudof.

Surat kabar tertua di dunia yang hingga saat ini masih terbit adalah “Post–och inrikes Tidnigar” dari Swedia. “Post–och inrikes Tidnigar” ialah surat kabar dan lembaran nasional Swedia, Surat kabar ini juga badan iklan yang kuat, pemasang iklan terbesar ialah Kantor Paten dan Registrasi Swedia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s