Siaran Radio, Generasi Ke Lima Jurnalistik

Guglielmo marconiMarconi, Penyiar Berita Radio Pertama, Selamatkan Ribuan Nyawa.

Marconli,  berhasil memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk keperluan pemberitaan. ia berhasil mengirim berita dari Inggris ke Newfoundland melintasi Samudera Atlantik.  Melalui berita radio itulah ia berhasil menyelamatkan nyawa banyak orang sebelum tenggelamnya kapal SS Republik di tangah laut tahun 1909.

Jika surat kabar cetak pertama muncul pada abad ke 17, lain dengan halnya media radio, media ini di temukan pada awal abad ke 20 oleh Guglielmo Marconi, tepatnya tahun 1874.

Marconi lahir ke Nobility Italia sebagai Giovanni Maria Guglielmo Marconi. Peraih nobel ini berhasil mengembangkan radio dengan memanfaatkan temuan-temuan gelombang elektromagnetik dan listrik frekuensi tinggi . ia memanfaatkan hasil percobaannya tersebut untuk keperluan penyampaian berita.

Tahun 1899 ia sanggup mengirim berita melalui gelombang radio menyebrangi selat Inggris. Lalu dua tahun kemudian, tepatnya di tahun 1901, Marconi berhasil mengirim berita radio dari Inggris ke Newfoundland melintasi Samudera Atlantik.

Makna penting dari penemuan barunya secara dramatis dilukiskan pada tahun 1909 tatkala kapal S.S. Republic rusak akibat tabrakan dan tenggelam ke dasar laut. Siaran berita radio menginformasikan kecelakaan itu dengan cepat, akhirnya semua penumpang bisa diselamatkan kecuali enam orang.

Pada tahun yang sama Marconi berhasil meraih Hadiah Nobel untuk penemuannya. Dan pada tahun berikutnya dia berhasil mengirim berita radio dari Irlandia ke Argentina, suatu jarak yang lebih dari 6000 mil.

Selanjutnya pada 23 Desember 1900, Muncul siaran radio pertama pada jarak 50 mil (dari Cobb Island ke Arlington, Virginia). Orang pertama yang melakukan siaran radio ini adalah Reginald Aubrey Fessenden.

Kemudian, 6 November 1920 : berita radio pertama di siarkan di Amerika Serikat, Siaran radio ini di lakukan oleh stasiun radio KDKA di Pittsburgh. Berita pertama yang di siarkan adalah sebuah pemilihan umum. Karena itu, iklan pertama mereka berbunyi, “We shall now broadcast the election return” (Kami sekarang harus menyiarkan informasi pemilihan ulang).

Marconi lah orang yang pertama kali memicu berkembangnya penyiaran radio yang secara komersial  baru mulai tahun 1920 tersebut.  Penemuannya ini dapat mengatasi jarak dan waktu. peristiwa hari ini dapat di ketahui beritanya saat ini juga.  setelah itu,  muncullah istilah jurnalisme radio ( radio jurnalisme atau broadcasting journalisme)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s