Acta Diurna Popula. Leluhur Jurnalistik Modern

acta diurnaGenerasi Pertama Acta Diurna, Berita Kekaisaran Romawi.

Media Massa yang sekarang di kenal dengan istilah Jurnalistik ternyata di awali dari papan pengumuman. Kala itu media tersebut di beri nama Acta Diurna Popula Romawi. Acta Diurna terbit tiap hari, isinya memuat pengumuman dari Kaisar dan berita seputar pemerintahan. Surat kabar kuno ini di tempel di pusat kota yang di sebut forum Romanum.

Pada awalnya Acta Diurna di tulis di atas meja, setiap orang yang melintas dapat membaca isi beritanya, bagi orang yang tidak sempat mengunjungi tempat itu, mereka dapat memesan kepada Actuari (pencatat berita). Lambat laun komunitas actuari semakin banyak, akhirnya Acta Diurna di bacakan tiap pagi selama dua jam oleh pegawai istana.

Isi berita Acta Diurna juga semakin lengkap dan beragam menyangkut antara lain berita pertukaran pejabat istana, perpindahan pegawai, kunjungan resmi pejabat, undangan kaisar, berita keluarga, upacara kerjaan, termasuk mengenai pertunjukan sirkus. Perkembangan selanjutnya Acta Diurna di tulis dan di tempel di forum romanum.

Sejak di terbitkan oleh Julius Caesar pada tahun 59 SM, Acta Diurna tetap bertahan selama empat abad sampai runtuhnya kekaisaran Roma pada tahun 476 masehi. Selama empat abad ini Acta Diurna di kenal luas,

Sehingga terdapat banyak perbedaan loghat dan pengucapan kata “Acta Diurna” dari beberapa daerah di luar Roma.  Dari kata Diurna di ucapkan menjadi Journal (inggris), Diunalis (Latin), du jour (prancis).

Para pakar mengatakan kata Journal atau du jour berasal dari Bahasa latin “Diunalis”, yang artinya “Catatan Harian” atau “Catatan kejadian sehari-hari”. Dari segi sejarah perkembangan media, kata Journalistik tidak lepas dari sejarah munculnya Acta Diurna .

Kata journal tersebut merupakan perkembangan pengucapan dari kata “Diurna”, yaitu berita harian yang di terbitkan oleh Julius Caesar pada tahun 59 SM. Itulah Leluhur Istilah kata Jurnalistik, sekaligus merupakan surat kabar harian pertama.yang di terbitkan kerajaan untuk masyarakat umum.

Surat Kabar KertasSurat Kabar Kertas, Generasi kedua Acta Diurna

Sekitar abad pertengahan, Lahirlah Gazetta di Venesia, Gazette adalah Surat kabar pertama yang di tulis di atas kertas, isinya seputar pengumuman pemerintah kota Venesia di samping berita-berita lainnya.

Teknik pembuatan kertas ini baru di kenal orang Eropa sekitar abad ke 12. setelah itu, barulah Eropa membuat surat kabar menggunakan kertas. Sebelum kertas di temukan, orang menulis di atas papirus, terutama di Roma, Mesir, dan Yunani, selain menggunakan papirus, sabagian orang menggunakan kulit kambing dan lembu.

Relation News Papaer Surat Kabar Cetak, Generasi ke Tiga Acta Diurna

Sedangkan Surat kabar cetak pertama kali terbit di staarsburg dengan nama relation pada tahun 1609. Kelahiran Surat kabar ini di gagas oleh Johan Carolus.

Bentuknya masih berupa pamflet, dan dikenal dengan Petisi Carolus. Surat kabar cetak pertama ini di terbitkan setelah di temukan mesin cetak (1400-1468).

Karena proses cetak ini di lakukan dengan menekan kertas di atas susunan huruf(image) dengan menggunakan silender atau penekan datar lainnya, muncul istilah Pers (press), lalu orang menyamakan istilah jurnalisme dengan “pers”.

The Gentleman’s Magazine ,Majalah Pertama di duniaMajalah Pertama Di Dunia, Generasi ke Empat Acta Duirna

Pada tahun 1731 terbit surat kabar baru yang di beri nama “The Gentleman’s Magazine” di London, Surat kabar ini dianggap telah menjadi majalah pertama di dunia. Majalah pertama di dunia ini di edit oleh Edward Cave.

Istilah “Magazine” berasal dari bahasa Arab yaitu makazin yang berarti “gudang”. Istilah Magazine pertama kali di tulis oleh Sylvanus Urban, ia adalah orang pertama yang menggunakan istilah “Magazine” melalui analogi dari sebuah gudang militer.

Guglielmo marconi Siaran Berita Radio Pertama, Generasi Kelima Acta Diurna

Jika surat kabar cetak pertama muncul pada abad ke 17, lain dengan halnya media radio, media ini di temukan pada awal abad ke 20 oleh seorang berkebangsaan Italia, Guglielmo Marconi, tepatnya tahun 1874. Melalui berita radio itulah ia berhasil menyelamatkan nyawa banyak orang sebelum tenggelamnya kapal SS Republik di tangah laut tahun 1909.

Penemuannya ini dapat mengatasi jarak dan waktu. peristiwa hari ini dapat di ketahui beritanya saat ini juga. dengan demikian muncullah istilah jurnalisme radio ( radio jurnalisme atau broadcasting journalisme)

Daftar Pustaka

  1. en.Wikipedia.Acta Diurna
  2. en.wikipedia.Newspapaer
  3. en wikipedia.History of News Paper and Magazines
  4. en.wikipedia.The Gentleman’s Magazine
  5. en.wikipedia.KDKA(AM). first radio broadcast 1920
  6. wikipedia.Sejarah Radio
  7. wikipedia. Guglielmo_Marconi
  8. Jurnalistik, Teknik Menulis Berita.Sedia Wiliing. (buku)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s