Manfaat Konsumsi Jus Buah Bit Tiap Hari

Manfaat Buah Bit

Buah bit di kenal sebagai buah yang unik  Unik dari segi warna dan rasa. Buah warna ungu ini sangat bermanfaat bila di konsumsi tiap hari. Banyak nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh terkandung di dalamnya.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah bit tersebut  seperti vitamin C, kalsium, magnesium, serat, asam folat, fosfor, caumarin, betasianin, kalium, triptofan, zat besi, tembaga. dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan,

Jika kita belum pernah mengkonsumsi buah bit, maka sebaiknya, segera mencoba merasakannya karena selain rasanya yang enak buah ini juga mampu menjaga kesehatan tubuh. Terutama untuk orang-orang yang memang memiliki riwayat penyakit seperti kanker, anemia, tekanan darah tinggi, dan lain-lain.

Biasanya buah bit dikonsumsi dengan cara membuat jus, direbus untuk dijadikan salad, bahkan ada pula yang dijadikan sup. Namun yang perlu diperhatikan adalah ketika mengkonsumsinya, kulitnya harus dibuang. Buah bit sendiri memiliki kandungan karbohidrat dalam bentuk gula dengan sedikit protein dan lemak.

Dalam mengkonsumsi jus buah bit, sebaiknya akar buah bit dicampur dengan buah-buahan atau sayuran lainnya, karena akar bit saja bisa membuat tali pita suara menjadi kaku dan sulit bicara dalam waktu tertentu, kecuali meminum jus murni dari akar bit organik yang justru akan menyembuhkan kekakuan/kelumpuhan pada pita suara..

Mengkonsumsi buah bit dengan cara membuat jus secara rutin setiap pagi dapat membantu menjaga stamina tubuh, jus buah bit mengandung nitrat yang dapat mengurangi pengeluaran oksigen pada saat beraktivitas sehingga jus ini dapat menurangi kelelahan pada tubuh. Selain itu, meminum jus setiap hari dapat menambah energy dan melancarkan aliran darah dalam tubuh.

Buah bit mengandung sumber nitrat alami yang akan berubah menjadi nitrit dan nitrat oksida ketika berada di dalam tubuh manusia. Nitrit dan nitrat oksida ini kemudian akan membantu melebarkan pembuluh darah terutama bagian arteri.

Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, kandungan nitrat pada buah bit dapat  membantu memelihara kesehatan jantung. Kesehatan jantung sangat berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

Dalam hasil percobaan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine, di katakan tekanan darah menurun dalam waktu 3 sampai 4 jam setelah minum jus bit, di katakan penurunan tetap berlanjut dan bisa diamati sampai dalam waktu 24 jam. (BBC News, 6 Feb. 2008)

Para ahli di Inggris dan di Amerika Serikat menyarankan penderita hipertensi untuk minum 500 ml jus bit setiap hari. Setelah terbukti secara nyata minum jus dari buah bit ini dapat membantu menurunkan hipertensi.

Buah bit juga memiliki kandungan asam folat yang sangat penting untuk tetap menjaga keseimbangan nutrisi ibu hamil. kandungan asam folat Buah bit ini berguna untuk meningkatkan fungsi otak dan mengurangi resiko anemia yang sering dialami oleh setiap ibu hamil.

Sedangkan untuk bayi yang dikandungnya buah bit dapat membantu pembentukan sumsum tulang belakang yang merupakan komponen penting yang dapat melindungi bayi dari resiko cacad atau kelainan bawaan (spina bifida)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s