Belajar Mengenal Batu Tanzanite

Tanzanite

Batu Tanzanite

Batu Tanzanite merupakan kristal alami mineral yang digunakan sebagai batu permata. Batu kristal ini tersusun dari unsur Kalsium,  Allumunium, Silika, Hidrogen dan Oksigen. Batu ini memiliki tingkat kekerasan sekitar 6,5 – 7 skala mohs

Tanzanite adalah trichroic, yang berarti kristal tanzanite berubah warna saat batu kristal ini di putar. Maksudnya batu kristal ini akan menunjukkan warna yang berbeda bila dilihat di arah yang berbeda.  di satu sisi akan tampak warna  biru, ungu, dan sisi lainnya akan terlihat warna perunggu.

Warna perunggu sering mendominasi ketika Bongkahan batu Tanzanite ditemukan di dalam tanah,  sedangkan Tanzanite  cokelat kemerahan masih membutuhkan proses agar muncul warna violet biru. Warna biru Tanzanite akan tampak lebih jelas dalam terpaan sinar lampu neon dan warna ungu dapat dilihat dengan pencahayaan lampu pijar.

Warna hijau tanzanite tidak mudah di temukan, sebagian besar Tanzanite warna hijau  di sertai warna sekunder biru atau ungu, Kelangkaan Tanzanite warna hijau ini membuat harganya semakin tinggi di mata kolektor batu. dalam beberapa tanzanite menyebabkan chatoyancy (efek mata kucing).

Batu ini pertama kali ditemukan oleh seorang bernama Jumanne Ngoma awal Januari 1967. di sekitar kaki gunung kalimanjaro tepatnya di Mererani di daerah kiteko di Merelani,  Kilimanjaro terletak sekitar 50 km dari Arusha.

Setelah penemuan ini, tanzanite cepat menjadi salah satu batu permata yang paling populer di dunia. saat ini tanzanite tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran.
birthstone-Tanzanite

Harga batu tanzanite bervariasi biasanya tergantung potongan dan kualitasnya,  batu ini mampu terjual hingga Rp.900 juta.  Sedangkan untuk bongkahan berkisar dari harga mulai 7,2 juta – 12 juta/ karat.  Harga akan terus berubah sesuai kualitas dan keunikan batu.

Pada tahun 2002, Asosiasi Perdagangan Amerika Gem memilih Tanzanite sebagai birthstone Desember. Birth stone merupakan batu permata  yang sesuai dengan zodiak pemakainya. Birth stone dinilai memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan.

Birth stone dapat digunakan sebagai perhiasan berupa liontin pada kalung, maupun pada cincin. Tiga birthstones yang berhubungan dengan kelahiran bulan Desember adalah Tanzanite, Zirkon , dan Turquoise

Desember-Turquoise, topaz biru dan tanzanite, di percaya bahwa pemakai   birthstones  akan memiliki kehidupan yang bahagia dan penuh keberuntungan. Sakit kepala bisa dikurangi. Praktisi kuno percaya bahwa pirus benar-benar akan berubah warna saat pemakainya sedang sakit atau dalam bahaya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s