Manfaat Konsumsi Buah Blueberry Tiap Hari

bluebarry

Blueberry adalah buah dari tanaman semak, merupakan tanaman asli dari Amerika Utara, meskipun mereka juga tumbuh di bagian selatan di seperti Australia, Selandia Baru dan negara-negara Amerika Selatan.

Buah ini memiliki nama latin Vaccinium dari keluarga tanaman Ericaceae. Buah ini berwarna kehijauan saat masih mentah dan berubah menjadi kebiruan saat sudah masak.

Blueberry diketahui mengandung antioksidan yang lebih banyak dibandingkan dengan buah segar lainnya. Sebagian besar adalah antikoksidan kuat dari jnis Anthocyanidins – polifenolik yaitu pigmen yang mempengaruhi warna ungu, hitam, dan merah pada buah-buahan dan sayuran.

Peran Antioksidan adalah membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan juga dapat membantu menguatkan sistem imun, mencegah kerusakan sel dengan cara menetralisir tumbuhnya radikal bebas,

Blueberry juga mengandung antioksidan lain seperti antocyianin, resveratrol, flavonol dan tanin, yang membantu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan berperan penting dalam meningkatkan kemampuan motorik dan mempertahankan kesehatan sistem saraf pusat.

Dengan demikian Buah Blueberry dapat membantu melindungi otak dari gangguan neurotik dengan mencegah degenerasi sel-sel otak dan neuron. mengembalikan kehilangan memori jangka pendek, serta kondisi lain yang terkait dengan penuaan.

Pasien penyakit Alzheimer akan merasakan manfaat besar dari buah Amerika ini. Dengan rutin minum satu gelas Bluberry tiap hari akan dapat mengurangi stress dan mencegah gangguan fungsi otak penderita Alzheimer.

Selain itu kandungan zat nitrit oksida pada buah ini membuat dinding arteri tetap fleksibel sehingga buah Blueberry dapat mencegah resiko penyakit jantung dan gangguan darah tinggi.

Senyawa dalam blueberry yang dikenal sebagai anthocyanosides, dapat memperlambat merosotnya daya penglihatan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Ophtalmology menunjukkan bahwa mengonsumsi 3 buah blueberry dalam sehari bisa membantu mengurangi turunnya penglihatan di usia lanjut hingga 36 persen.

Meskipun Blueberry tinggi akan kandungan antioksidan namun rendah kalori, sehingga merupakan pilihan yang bagus untuk hidup yang lebih sehat..

Blueberry bagus dikonsumsi dalam keadaan segar, setelah dicuci bersih. Bisa untuk salad, es krim, dsb. Jika habis diambil dari lemari pendingin, lebih enak jika dibiarkan dulu sebentar sebelum di minum.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s