Belajar Mengenal Batu Permata Chalcedony

Chalcedony

Chalcedony

Chalcedony atau Kalsedon adalah bentuk kriptokristalin dari silika, terdiri dari mineral kuarsa dan moganit yang saling bertumpuk.  Mineral  kuarsa  memiliki struktur kristal heksagonal yang terbuat dari silika trigonal terkristalisasi sedangkan moganite mengkristal dalam sistem kristal monoklinik. Chalcedony memiliki komposisi kimia yang sama seperti kuarsa dan Moganite tetapi dengan struktur kristal yang berbeda.  Struktur kimia dari chalcedony adalah SiO2.

cincin kalsedon biru1

 

Kuarsa memiliki kekerasan 7 sedangkan Moganite memliki kekerasan sekitar 6 dalam skala Mohs, dengan demikian Chalcedony atau Kalsedon memiliki kekerasan 6-7 dalam skala Mohs. Kadar moganit dalam satu sampel chalcedony cukup bervariasi, umumnya antara 5 hingga 20 persen.

Chalcedony Gray
Cincin Batu Permata Chalcedony Gray,

Meski memiliki senyawa kimia yang identik dengan kuarsa, chalcedony bersifat lebih larut dibandingkan kuarsa pada temperatur yang rendah. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh kristal chalcedony yang lebih halus sehingga memiliki rasio luas permukaan dan volume yang lebih tinggi. Kelarutan yang lebih tinggi ini juga diperkirakan karena keberadaan moganit.

cincin kalsedon putih

Chalcedony hadir dalam berbagai bentuk, warna, dan pola, dan banyak varietas warna yang telah digunakan sebagai batu permata. Istilah Chalcedony sering digunakan khusus untuk menunjukkan jenis Chalcedony warna putih, abu-abu, atau biru transparan, tetapi secara teknis Istilah Chalcedony di gunakan mencakup semua varietas.

Chalcedony HijauChrysoprase sangat mirip dengan Chrome Chalcedony, Chrysoprase hijau biasanya lebih terang dibandingkan dengan Chrome Chalcedony. Warna Chrysoprase bisa lebih ringan untuk lebih mendekati warna apel hijau, Setelah warna mencapai ambang batas yang gelap, batu permata tidak lagi diidentifikasi sebagai Chrysoprase, melainkan dikenal sebagai Prase.

cincin ChalcedonySebagian besar batu permata Chalcedony unik dalam warna dan gaya, dan dapat dengan mudah dibedakan dari sebagian batu permata lainnya. Beberapa batu permata berbentuk Opal mungkin menyerupai Chalcedony, tapi tingkat kekerasannya tidak akan sama dengan Chalcedony.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s