Fenomena Mahkota Santo Wenceslaus, Pusaka Republik Ceko

Mahkota Santo Wenceslaus
Fenomena Mahkota Santo Wenceslaus, Mahkota Santo Wenceslaus merupakan bagian dari mahkota permata Ceko

Permata Mahkota Ceko

Raja ke-11 Bohemia dari Istana Luksemburg, dan Kaisar Romawi Suci Charles IV membuat mahkota negara untuk koronasi dan harta yang di dedikasikan kepada santo pelindung pertama negara Santo Wenceslaus, kemudian generasi berikutnya secara permanen menyetorkan mahkota Cheko ini ke Katedral Santo  Vitus di Kastil Praha.

Mahkota Santo Wenceslaus ditempa oleh emas yang sangat murni, 21 sampai 22 karat (88 sampai 92 %), yang didekorasikan dengan batu berharga dan mutiara.  Mahkota permata Ceko ini dibuat pada tahun 1347.

mahkota Santo Wenceslaus
Replika Mahkota Santo Wenceslaus,

Mahkota permata ceko ini memiliki dua lintas membentuk lengkungan dengan lambang salib di atasnya dengan tinggi 19 cm. dihiasi dengan cameo safir.  Mahkota ini terbuat dari lempengan emas dengan ketebalan 0,6-0,8 mm dan dihiasi dengan 96 batu mulia, mengandung total 19 safir, 44 spinel, 1 rubi, 30 zamrud dan 20 mutiara.

Pusaka Ceko ini di buat hanya dengan batu mulia dan mutiara saja, Tata letak batu permata dan mutira yang cukup dramatis, proporsi dan kombinasi warna batu permata yang artistik dan penuh misteri. Komposisi batu permata mengikuti simbolisme abad pertengahan menjadikan mahkota Charles IV  kerajaan Ceko dan Eropa ini unik dan fenomenal hingga abad ini. Untuk Menjaga komposisi keseluruhan warna, sisi belakang mahkota memiliki warna seirama dari batu mulia sebagaimana yang tampak dari sisi depan.

Mahkota Ceko
The Orb merupakan bagian dari mahkota permata Ceko disebut juga pusaka Ceko.

Di lihat dari sisi depan Mahkota Santo Wenceslas ini terkesan unik dan fenomenal, menarik perhatian setiap mata yang memandang,. semua komposisi terdiri dari tujuh batu mulia, satu batu permata sapphire, satu rubellite dan lima buah batu permata spinel. Untuk Menjaga irama warna, semua batu permata berwarna merah, kecuali batu permata safir yang terletak di  tengah-tengah baris bawah.

Dari depan tampak sebuah permata safir besar yang menonjol di tengah ikat kepala; Pada Kedua sisi permata ini, di sebelah kiri dan kanan terdapat batu permata spinel warna merah.

Pada kelopak bunga bakung sisi depan, ada tiga batu permata spinel. di sebelah kanannya  sangat jelas dan indah terlihat warna raspberry, dipotong dalam bentuk persegi panjang dengan tepi miring. di sebelah kiri adalah satu warna batu permata yang seirama, sedangkan batu permata di atasnya adalah permata spinel berbentuk hati warna merah yang indah, bening dan jernih.

zezlo
Tongkat, merupakan bagian dari mahkota permata Ceko disebut juga pusaka Ceko.

Dari sisi belakang semua batu permata berwarna merah kecuali batu safir biru. Dari total 16 batu mulia, 13 adalah spinel merah. Satu-satunya warna yang berbeda adalah warna safir biru pada ikat kepala di tengah-tengah baris di bawah batu mulia.  Di tengah-tengah bunga bakung sisi belakang, ada spinel  warna merah muda yang indah, dengan retakan yang sangat kecil di dalamnya.

Sisi kiri mahkota dihiasi dengan cara yang sama seperti sisi kanan; ada tujuh safir dan satu spinel. batu permata spinel merah di tengah ikat kepala. Sisi kanan dan sisi kiri terdapat sumbu biru mahkota yang melintasi sumbu merah menghubungkan sisi depan dan sisi belakang mahkota. Pada kelopak bunga bakung sisi kiri juga terdapat  batu permata dengan warna yang seirama.

Sisi kanan mahkota dihiasi dengan tujuh batu safir dan satu spinel di tengah ikat kepala. Batu berharga di atas bunga lili adalah batu permata  aquamarine yang sempurna bentuknya hampir mendekati bulat dengan saluran berongga kuning,

Mahkota Santo Wenceslaus
Mahkota Santo Wenceslaus, harta yang dedikasikan kepada santo pelindung pertama negara Santo Wenceslaus dan diwariskan sebagai mahkota negara untuk koronasi calon raja-raja Ceko, para pewaris tahta Ceko. Atas perintah Charles IV Mahkota Kerajaan yang baru secara permanen disetorkan ke Katedral St. Vitus di Kastil Praha

Tidak seperti kebanyakan harta kerajaan Eropa lainnya, Mahkota Santo Wenceslaus tidak dipertontonkan di depan umum.  disimpan di dalam sebuah kamar di Katedral Santo Vitus bersama dengan permata-permata Mahkota Ceko lainnya, yang hanya dapat diakses oleh sebuah pintu di dalam Kapel Santo Wenceslaus.

Lokasi pasti dari kamar tersebut tidak diberitahukan kepada masyarakat umum. Pintu masuk ke pusaka tersebut dikunci oleh tujuh kunci yang disimpan oleh Presiden Republik Ceko, Ketua Kamar Deputi Parlemen, Kamar Senat Parlemen, Perdana Menteri, Mayor Praha, Uskup Agung Praha dan Dekan Metropolitan Capitule di Praha.

Permata tersebut hanya diambil dari kamar dan dipajang selama beberapa hari di dalam peristiwa-peristiwa penting kira-kira sekali dalam satu dekade. Peristiwa penting yang terakhir itu terjadi di bulan April 2008, untuk memperingati 90 tahun perayaan Kemerdekaan Cekoslowakia.

Sebuah legenda kuno Ceko menyebutkan bahwa orang yang merebut mahkota ini dan memakainya diatas kepalanya, di katakan akan mati dalam waktu setahun, karena mahkota itu adalah benda pribadi Santo Wenceslaus dan hanya boleh dipakai oleh raja Bohemia yang sah selama koronasinya.

Selama Perang Dunia II, Reinhard Heydrich, Deputi Pelindung dari Bohemia dan Moravia, yang memutuskan deportasi dan pembunuhan massal orang yahudi, dikatakan Reinhard Heydrich secara rahasia “memahkotai” dirinya sendiri ketika menginspeksikan Katedral Santo Vitus, kenyataanya, kurang dari setahun, tangan kanan Heinrich Himmler yang menggerakkan rezim Nazi secara rahasia itu meninggal pada 4 Juni 1942, sebab di bunuh oleh pemberontak Cekoslowakia.

Meskipun sampai saat ini tidak ada petunjuk yang pasti yang dapat membuktikan bahwa Pemimpin Kelompok Senior-SS itu benar-benar pernah memakai Mahkota Santo Wenceslaus, tapi legenda terbunuhnya seorang yang di anggap sebagai sosok ras arya tulen yang pernah dimiliki oleh Nazi itu akibat kutukan pusaka ceko diyakini oleh seluruh rakyat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s