Belajar Mengenal Batu Permata Spinel,

Spinel

Spinel ditemukan dalam batuan metamorf dan proses pelapukan batuan. Terutama ditemukan dalam deposit kontak (kelereng dan batu gamping).Spinel memiliki rumus mGal 2 O 4. mengkristal dalam sistem isometrik, bentuk kristal oktahedra, tingkat kekerasan Spinel 8 pada skala Mohs, berat jenis 3,58 – 3,61.

Spinel: Sri Lanka
Spinel pucat ungu dan merah muda-ungu,dari Sri Lanka

Spinel banyak ditemukan di Negara Sri Lanka, Myanmar, Madagaskar, Pakistan, Brazil, Australia, Swedia , Turki, Rusia, Tanzania, Afghanistan, Birma, Thailand dan Amerika Serikat. Perubahan  warna batu spinel  Sri Lanka dari violet (siang hari) kemerahan violet, karena kehadiran Fe, Cr, dan V.. 

Spinel: Burma
Spinel: Burma

Spinel memiliki berbagai nuansa warna dari merah, biru, hijau; juga coklat, hitam, abu-abu, ungu, ungu, oranye, oranye-merah, mawar, dan hampir tidak berwarna.

Spinel
Batu Spinel di pasar tradisonal Mogok, Myanmar, Foto oleh Alyssa Morgan,

Asal usul kata spinel masih belum jelas. Spinelle diterima oleh Akademi Ilmiah Perancis pada tahun 1762, mungkin berasal dari Spinello Italia, yang berarti “bersama” (Deville, 2002) atau spina, yang berarti “duri” (Webster, 1994).

Sebagai analisis mineralogi mengatakan penggunaan kata “ruby” terbatas pada varietas merah permata berkualitas corundum (trigonal Al 2 O 3), sementara spinel dan garnet yang digunakan untuk “rubi” jenis mineral yang berbeda.

Warna spinel sering menyerupai ruby, tetapi dalam semua karakter merupakan dua mineral yang berbeda, sehingga nama-nama ruby-spinel dan balas ruby, kadang-kadang di gunakan untuk varietas warna spinel tertentu, hal ini cukup membingungkan dan tidak benar. Max Bauer, 1904.

Dalam publikasi Gemological, di temukan referensi untuk batu rubi terkenal seperti Black Pangeran Ruby dan Ruby Timur, kedua permata itu tidak di sebutkan batu rubi tapi spinel.

Batu Permata
Wanita ini sebagian besar orang Gurakha , berasal dari Nepal . Banyak orang Gurakha datang ke Mogok untuk bekerja di tambang selama waktu pemerintahan Inggris . foto oleh Alyssa Morgan

Buku Ruby & Sapphire (Hughes, 1997) merinci dalam sejarah dan Gemological hubungan antara spinel merah dan ruby. Hughes mengatakan bahwa batu rubi baik besar itu dan masih sangat langka, salah satu alasan adalah bahwa sebagian besar batu rubi bersejarah besar menjadi spinel ketika terminologi direvisi. Dia juga menunjukkan bahwa satu-satunya sumber sejarah penting bagi rubi sampai abad ke-20 adalah Burma.

Di Mogok, spinel merah dan merah muda dapat ditemukan di kedua deposito primer dan sekunder, tambang spinel paling produktif berada di dekat desa Pein Pyit di bagian timur Mogok. Spinel merah Mogok dapat ditemukan dalam banyak warna, nada, dan saturasi dari merah muda ringan melalui merah orangy (disebut spinel api) dan merah keunguan merah murni (kadang-kadang disebut dalam spinels ruby terakhir).

Spinels merah intens baik disebut di Burma anyant pan. Selama bertahun-tahun, sebagai minat spinel lemah, faktor kualitas utama spinel Mogok adalah untuk terlihat seperti rubi, yang berarti memiliki saturasi warna merah yang tinggi. Batu tersebut masih dihargai di pasar tradisional seperti Jenewa, Swiss.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s