Indahnya Pancaran Kristal Aquamarine Pakistan, di Museum Beirut, Lebanon

Aquamarine Pakistan2
Spray Aquamarine Pakistan, di pajang di museum MIM Beirut, Lebanon,2013

Kristal Aquamarine

Pancaran kristal Aquamarine kualitas tinggi gaya ini jarang terjadi dari pegmatites Pakistan. Sebuah pancaran divergen permata yang indah, Pancaran kristal Aquamarine warna biru muda yang estetis . bening dan jernih, di mana semua pancaran begitu dramatis meskipun dengan ukuran kristal yang lebih kecil. Spray Aquamarine atau Pancaran air kristal kebiru-biruan dari Pakistan ini, di pajang di museum MIM Beirut, Lebanon, 2013.

Aquamarine yang namanya berasal dari aqua dan mare berarti “air laut.” secara puitis seorang penulis kuno menulis aquamarine sebagai “seribu liga laut diterangi matahari di dalam cangkir.” secara ilmiah Aquamarine adalah sejenis batu yang tergolong dalam mineral beryl  yang artinya biru kehijau-hijauan. Warna-warna batu ini pun tidak begitu jauh dari warna biru air laut. ada warna yang biru kehijauan, hijau bening dan biru laut. nilai kekerasan  kristal aquamarine berkisar antara 7.5-8 pada skala Mohs.

Kristal ini di tambang di Lembah Shigar Kabupaten Skardu, Baltistan, Wilayah Utara, Pakistan. Daerah lainnya termasuk Ural ( Rusia ), Afghanistan, India , Nigeria. Berbagai Aquamarine warna biru tua  di temukan di Madagaskar.

Aquamarine Pakistan
Spray Aquamarine Pakistan, di pajang di museum MIM Beirut, Lebanon,2013

Warna biru terang aquamarine karena adanya pengaruh dari kandungan (Fe2+) begitu juga  warna kuning keemasan karena  pengaruh kandungan (Fe3+), sedangkan campuran ion (Fe2+) dan (Fe3+)  akan menghadirkan warna biru tua seperti warna batu permata Maxixe.

Batu aquamarine tidak tahan dalam suhu yang tinggi dan jika dipanaskan dari 800-900 celsius warnanya akan hilang.  Aquamarine cempaka, versi biru dari aquamarine sering disebut Maxixe.

Batu permata Maxixe tergolong dalam mineral beryl yang sudah mengalami proses radiasi, sehingga warnanya lebih biru dari aquamarine beryl,  hampir mendekati warna biru topaz, Warnanya memudar menjadi putih saat terkena sinar matahari meskipun dapat kembali lagi melalui proses irradiasi (gamma, x-ray atau neutron) dan anil.

Aquamarien
Spray Aquamarine atau Pancaran air kristal kebiru-biruan dari Pakistan ini,  di tambang di Lembah Shigar Kabupaten Skardu, Baltistan, Wilayah Utara, Pakistan

Batu Aquamarine sangat digemari oleh orang-orang Eropa. Kaisar Brasil Dom Pedro dikatakan pernah memiliki batu aquamarine paling bagus dan berkualitas yang pernah ditemukan.

Aquamarine Dom-Pedro
Aquamarine Dom-Pedro

Di tahun 1906, putri presiden Amerika ke 26 Theodore Roosevelt, bernama Alice Lee Roosevelt Longworth mendapatkan batu permata aquamarine berbentuk hati yang indah dari Wakil Presiden William Howard Taft sebagai hadiah pernikahan. kemudian setelah ia dinobatkan oleh Monarch Inggris pada tahun 1953, Ratu Elizabeth II mendapat hadiah satu paket perhiasan aquamarine.

aquamarine-gemstoneLegenda kuno mengatakan bahwa aquamarine asli adalah harta yang terpendam di dada putri duyung sampai tumpah keluar dan ditemukan oleh manusia. Ini secara tradisional dianggap sebagai keberuntungan permata yang baik untuk pelaut.  Orang Yunani mengenakan aquamarine diukir di kepala Neptunus untuk melindungi mereka terhadap bahaya yang mendalam. Di Mesir batu itu digunakan untuk memohon bantuan dewa air.

aqyamarineKarena efek warna dan pencahayaan, Aquamarine selalu cocok dengan warna kulit maupun warna mata apapun yang bisa dipakai oleh orang berbagai bangsa dan negara. di beberpa bangsa aquamarine dianggap sebagai batu permata resmi untuk ulang tahun pernikahan ke 19. dan juga populer membantu memperbaiki hubungan dengan pasangan.

aquamarine-gemstonePeningkatan popularitas kristal aquamarine yang sangat cepat, menciptakan ruang manipulasi produk yang populer dengan nama “Aquamarine Topaz”. menurut Tempo, Minggu(18/12/11) Produk ini, sebenarnya hanya berupa batu topaz biru muda yang berkualitas sangat rendah dan murah, namun diklaim dan mensubstitusi sebagai si cantik Aquamarine asli, padahal palsu belaka.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s