Belajar Mengenal Batu Permata Zamrud

Zamrud
Foto Jamrud atau “Emerald” di pajang di ruang kedua, di pamerkan di pembukaan museum MIM di Beirut, Lebanon, 2013 Foto di ambil oleh Daniel Trinchillo, wakil dari Amerika Serikat dan Museum, yang telah diundang untuk pembukaan MIM Beirut, Lebanon.2013

Zamrud

Nama zamrud berasal dari bahasa Yunani ‘ smaragdos ‘, dalam logat Perancis kuno di ucapkan ‘ Esmeralde ‘, yang berarti  ‘ batu permata hijau ‘. Konon, Bangsa penyembah dewa Huitzilochti  di Amerika Selatan meyakini  bahwa batu permata hijau itu sebagai “batu permata suci” anugerah para dewa.

Dari sudut pandang kimia mineralogi Batu Permata ini terbentuk  melalui proses tehtonik intensif pertemuan  elemen dan proses pengkristalan mineral beryllium, kromium dan vanadium dalam kurun waktu ratusan tahun.

Zamrud
Gambar  kristal ZAMRUD, semua dari Columbia. Kristal Zamrud hijau berada di tengah berukuran 8,5 x 6 x 5,5 cm. di pamerkan di pembukaan museum MIM di Beirut, Lebanon, Foto di ambil oleh Daniel Trinchillo, wakil dari Amerika Serikat dan Museum, yang telah diundang untuk pembukaan MIM Beirut, Lebanon.2013

Pada 1790-an, Louis Nicolas Vauquelin, menunjukkan hasil penelitiannya bahwa zamrud dan beryllium pada dasarnya senyawa kimia yang sama. maksud pernyataan Louis Nicolas adalah bahwa pada batu zamrud juga terkandung kromium. kemudian pada akhir abad kedua puluh, baru ditemukan bahwa beberapa zamrud mengandung lebih dari vanadium dan kromium. mindat.org.(18 Maret 2015)

Kualitas batu dan warna yang ada pada batu Zamrud sangat dipengaruhi oleh tekanan dari proses geologi. Umumnya Zamrud memiliki beberapa lapisan dan retakan pada permukaan dan dapat dilihat dengan mata telanjang. Batu dengan permukaan yang tidak retak, biasanya sangat jarang dijumpai dan sangat langka.

Mayoritas mineral jamrud terlahir dengan membawa ciri khas alami berupa retakan-retakan ataupun serat-serat. dalam penentuan nilai, kualitas dan harga sebuah zamrud  yang paling utama ditentukan oleh tingkat kejernihannya (clarity). semakin jernih atau jelas dalam sebuah batu zamrud maka nilai dan harganya akan semakin meningkat.

Biasanya batu zamrud di potong dengan bentuk facet, potong miring di setiap sudut, Potongan Zamrud Asli akan memiliki garis sudut yang sempurna, bukan garis batas sudut seperti kaca yang dipanaskan. Bentuk dan kualitas potongan sebuah zamrud dapat mempengaruhi nilai dan harga. Zamrud dipotong model (shape) Emerald lebih mahal daripada dipotong bentuk Cabochon.

Warna pada zamrud juga menentukan kualitas pada sebuah zamrud. semakin hijau warna pada sebuah zamrud maka harganya akan semakin mahal. Warna terbaik untuk zamrud adalah intens hijau terang yang tidak terlalu gelap dan tidak terlalu pucat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s