Belajar Mengenal Batu Mulia Giok Kalimantan

batu-giok-kalimantan

Batu Giok Kalimantan (the toughest gemstone)

Batu Giok Kalimantan dengan Batu Giok Cina  disebut-sebut sebagai “the toughest gemstone” artinya adalah batu yang terkuat diantara batu-batu mulia lainnya, bahkan lebih kuat dari pada intan atau berlian. Intan atau berlian menyandang gelar batu ter keras dari segala macam batu di dunia.

Batu Giok Kalimantan mudah tergores dan permukaannya sangat lembut jika dibandingkan dengan intan tatapi batu mulia yang terkuat ini tidak mudah retak bila terbentur keras. Oleh sebab itu Batu Giok Kalimantan sering dijadikan sebagai senjata atau alat-alat perang lainnya pada zaman kerajaan nusantara terdahulu.

Batu Giok Kalimantan memiliki bermacam-macam warna diantaranya yaitu putih susu, putih kehijauan, hijau, hijau tua bahkan ada juga yang warna abu-abu dan kemerah-merahan atau merah-cokelat. Namun yang paling dicari dan diminati adalah yang berwarna hijau tua, agak kental dan bening.

Batu Giok Kalimantan yang berwarna  hijau tua, agak kental dan bening ini memiliki julukan “Imperial Jadeite”.  Unsur warna hijau dikarenakan oleh adanya zat Chromium, sedangkan keberadaan iron (Fe) menghasilkan warna hijau yang lebih pucat, biru-kehijauan atau biru-kehitaman. Warna tergelap biasanya berisi jumlah oksida besi yang relatif tinggi.

Batu Giok “Jadeit” memiliki sifat-sifat yang berbeda dari Batu Giok “Nephrite”,  baik secara mineralogi ataupun gemologi. Mineral penyusun Jadiet adalah Pyroxenes. sedangkan Nephrite adalah Amphibole., berat jenisnya lebih besar, transparansinya lebih tinggi dan warnanya lebih hidup dan lebih beragam.

Di perdagangan, Batu Giok “Jadeit” seperti Giok Kalimantan dihargai jauh lebih tinggi dari Nephrite. Di antara sifat-sifat yang disyaratkan oleh para pemburu batu giok di Indonesia seperti tahan gores, tahan panas dan terasa dingin, hanya sifat tahan goreslah yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

Hal ini dapat dimaklumi karena kekerasan batu giok cukup tinggi yaitu dalam skala Mohs sekitar 6,5 untuk Nephrite dan 7,0 untuk Jadeit. Sifat tahan gores ini merupakan metode pertama dalam membedakan giok asli dengan giok palsu

Perbedaan Unsur Kimia Giok Jadeite dan Nephrite

Nephrite Jade

Mineral penyusunnya adalah Amphibole. Mineral ini merupakan silikat rantai ganda yang mengandung hidrogen. Perpecahan berada di 60 derajat. Komposisi : Ca2Fe5Si6O22.  Warna Hijau adalah karena adanya kandungan Besi (Fe). Tingkat Kekerasan Batu  berkisar6,0-6,5.

Jadeite Jade

Mineral penyusunnya adalah Pyroxenes. Mineral ini  merupakan mineral silikat. Rumus sederhananya  MgSiO3. Membentuk silikat rantai tunggal.  Perpecahan berada di 90 derajat. Komposisi : NaAISi2O6. Warna  hijau tua adalah karena adanya Chromium (Cr), Besi yang dapat menghasilkan warna Hijau. Tingkat Kekerasan Batu 6,5-7,0.

Iklan

One thought on “Belajar Mengenal Batu Mulia Giok Kalimantan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s