Fosil “Spons” Hewan Pertama di Dunia, di temukan di Chongqing, China

B_xePPFXAAEnExn Baru-baru ini di beritakan surat kabar China, Fosil “Spons” berusia 600 juta tahun,  telah di temukan oleh para ilmuwan di kota Chongqing, China. Senin,(10/03/2015.) Nanjing Institute Geologi dan Paleontologi di Chinese Academy of Sciences,  mengatakan bahwa fosil kecil ini, ditemukan dalam biota Weng’an di provinsi barat daya Guizhou.

Sebelumnya fosil seperti “Spons” yang di duga merupakan hewan pertama di dunia pernah di temukan oleh sebuah tim yang beranggotakan 10 peneliti internasional saat melakukan penggalian di  taman nasional Namibia atau Etosha National Park Namibia. Afrika Selatan, Penemuan ini diungkapkan dalam sebuah makalah yang diterbitkan South African Journal of Science.(10/2012).

sponge-Spons atau Porifera atau hewan berpori adalah sebuah filum untuk hewan multiseluler yang paling sederhana. Seperti halnya Cyanobacteria, para peneliti mempunyai asumsi bahwa Sponge adalah salah satu makhluk hidup yang ada sejak awal hewan di darat, air dan udara muncul.

Fosil Sponge tertua yang pernah ditemukan adalah berusia sekitar 540 juta tahun di sebuah batu di Australia. Sponge juga mirip Ubur-ubur yang susah untuk menjadi fosil karena karakteristik tubuhnya.

Nanjing Institute Geologi dan Paleontologi di Chinese Academy of Sciences,  mengatakan bahwa fosil kecil, yang hanya berukuran 2-3 milimeter kubik ini, ditemukan dalam biota Weng’an di provinsi barat daya Guizhou.  

Fosil ini menampilkan beberapa karakteristik spons modern, termasuk tiga ruang tubular dan permukaan yang sangat berpori, yang akan memungkinkan air mengalir masuk dan keluar dari hewan.Engglish people.cn. Senin,(10/03/2015.)

Penemuan ini menunjukkan bahwa sponge-primitif dan hewan Eumetazoa seperti hidup sebelum periode Kambrium, yaitu antara 541.000.000 dan 485 juta tahun yang lalu, jauh lebih awal daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s