Akibat Letusan Gunung Berapi Hunga, Pulau Baru Muncul di Tonga

Pulau baru di Tonga
Pulau baru sepanjang 500 meter ini akibat letusan gunung berapi bawah laut di Tonga. 13/03/2015 (bbc.co.uk/indonesia)

Pulau sepanjang 500 meter muncul di Lautan Pasifik bagian Selatan,  terletak sekitar 45 km dari kota Nuku’alofa.Tonga. Citra satelit setelah letusan menunjukkan adanya formasi batuan yang baru dan sebuah pulau terbentuk dan di tengahnya terdapat lubang kawah berukuran besar. BBC. Jumat. 13/03/2015.

Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi banyak proses geologi aktif di dalam busur ini, yang menyebabkan pembentukan beberapa pulau-pulau baru,

Gunung Hunga Tonga-Hunga Ha’apai adalah gunung berapi yang terletak sekitar 30 kilometer (19 mil) selatan-tenggara dari Fonuafo yang dikenal sebagai Falcon Island. sebuah pulau yang merupakan bagian dari bangsa Tonga. Gunung berapi ini terletak sekitar 100 kilometer (62 mil) di atas zona seismik yang sangat aktif.

Gunung berapi itu sendiri adalah gunung api bawah laut. terbentang di bawah air laut antara dua pulau yang terpisah,  Dua pulau ini merupakan sisa-sisa dari tepi barat dan utara gunung berapi kaldera.

Dua pulau terpisah tersebut, sebagian dari kelompok Hunga Ha ‘apai  sekitar 1,6 kilometer, dan masing-masing sekitar 2 km dan sebagian besar terdiri dari andesit.

Hunga Tonga mencapai ketinggian 149 meter dan lebar 390.000 meter persegi, sementara Hunga Ha ‘apai tinggi 128 meter di atas permukaan laut dan lebar 650.000 meter persegi.

Pada tanggal 16 Maret 2009, letusan gunung berapi bawah laut dekat Hunga Tonga memuntahkan uap, asap, batu apung , dan  abu sekitar seribu meter  di atas permukaan laut.

Pada 21 Maret, kepala ahli geologi Hunga Tonga , Kelepi Mafi, Letusan gunung berapi Hunga telah menutupi dua celah yang terbuka di antara dua pulau lalu menciptakan  pulau baru sepanjang 500 meter di atas permukaan laut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s