Gunung Berapi Villarrica Meletus di Chile,Santiago, Ribuan Orang Mengungsi

Vulcano

Gunung Villarrica Meletus

Gunung berapi Villarrica yang berjarak 1200 km dari Santiago, Chile, Rabu (3/3) pagi waktu setempat meletus dan memuntahkan lava pijar panas. Lelehan lava tersebut meluncur ke permukiman warga yang dekat dengan gunung api tersebut.( AFP/Atonchile/ip.)

Injeksi Pijar piroklastik letusan Gunung bergerak dengan cepat,  terdiri dari gas panas, abu vulkanik, dan bebatuan  mencuat ke langit hingga mencapai ketinggian 3 km pada malam hari, sekitar pukul 3:00 waktu setempat. Geologi Nasional dan Jasa Pertambangan, SERNAGEOMIN, menyatakan,” sebagai tindakan pencegahan sebanyak 3385 orang  telah dievakuasi”,.(www.dailymail.co.uk)

Gunung Villarica chille Meletus

Setelah kejadian ini pada Selasa pagi, Televisi nasional Chile menayangkan gambar yang menunjukkan muntahan uap  dan semburan gas dari Fumarol atau  lubang kerak bumi yang terbuka  di sekitar gunung berapi dan  lava pijar panas yang meleleh  membentuk aliran seperti sungai melalui lembah menuruni lereng gunung.

_81367091_4b30255f-3ab9-4498-bdba-d8bf8712c636

Letusan ini di namakan “Strombolian eruptions” sebuah letusan yang dampaknya relatif ringan, ledakan kecil dan rendah emisi abu, volume bahan rendah  mencapai ketinggian kurang dari 5 km, dengan letusan yang sporadis. Curah hujan ditambah salju yang mencair dan es glester dapat menyebabkan lumpur dan puing-puing arus,  seperti pada letusan Villarrica tahun 1964 dan 1971.

Villarrica adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Chile; letusan gunung ini telah direkam sejak penaklukan Chille dan berdirinya kota Villarrica di 1552. Tercatat paling awal letusan terjadi pada tahun 1558, diikuti oleh setidaknya 65 orang lain, diasumsikan Indeks Exploitasi vulkanik dari 1-3.

Daftar Pustaka

http://en.wikipedia.org/wiki/Villarrica_%28volcano%29

http://www.bbc.com/news/world-latin-america-31708312

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s