Sebuah Lukisan Gerhana Matahari Total dari tahun 1700

Sebuah Lukisan Gerhana Matahari dari 1700

Lukisan Gerhana Matahari Total

Lukisan Gerhana Matahari Total diatas  di selesaikan pada tahun 1735 oleh  seorang pelukis dan arsitek terkenal di awal abad kedelapan belas, berkebangsaan Jerman, yaitu Cosmas Damian Asam (September 29, 1686 – 10 Mei 1739). dia belajar di Accademia di San Luca pada 1711. Pada tahun 1713 Cosmas Asam memenangkan hadiah pertama Akademi untuk menggambar tentang Miracle of Saint Pio.

cosmas damian asam
Cosmas Damian Asam Pelukis Jerman

Lukisan di atas  tidak hanya menggambar Gerhana Matahari Total , tapi Cosmas melukiskan korona matahari dan efek cicin berlian yang terlihat ketika sinar matahari mengalir di antara pegunungan dan Bulan. Untuk astronom pada zaman itu, mengamati korona matahari atau lapisan luar atmosfer matahari pada saat gerhana matahari total sedang berlangsung merupakan kesempatan yang langka. Biasanya hal ini tidak terlihat karena fotosfer jauh lebih terang dari korona.

Sedangkan  Orang yang ada dalam lukisan, yang di gambarkan sedang melihat fenomena gerhana matahari total ini adalah Santo Benediktus dari Nursia,Itali, dia seorang pendiri komunitas-komunitas (Cenobium) monastik Kristen. Lukisan Cosmas ini di percaya sebagai lukisan realistik pertama  penggambaran Gerhana Matahari Total dan kesan cincin permata di abad kedelapan belas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s