Fenomena Matahari Berada Tepat di Atas Kabah, 2015

istiwa adham
Ka’bah yang berada pada koordinat 21,4° LU dan 39,8° BT, dalam setahun akan mengalami 2 kali peristiwa Istiwa A’dhom. Sumber Gambar : http://www.elbilad.net

Fenomena lain yang akan terjadi pada tahun 2015 adalah, pada tanggal 28 mei 2015 Matahari akan berada tepat di atas Ka’bah atau Istiwa A’dhom, fenomena ini dalam ilmu falaq atau astronomi, dikenal dengan istilah ‘yaumu rashdil qiblah’,  hari untuk mencocokkan arah Kiblat. Ka’bah yang berada pada koordinat 21,4° LU dan 39,8° BT, dalam setahun akan mengalami 2 kali peristiwa Istiwa A’dhom.

Jadi dengan menghadap ke arah Matahari akan sama artinya dengan menghadap tepat ke arah kiblat. Dan juga seluruh pangkal bayangan benda yang berdiri tegak pun akan mengarah ke arah kiblat. Dengan begitu peristiwa ini dapat digunakan untuk mengoreksi atau meluruskan arah kiblat bagi seluruh umat muslim secara praktis dan akurat.

Peristiwa matahari akan tepat berada di atas Ka’bah pukul 12:27 waktu Saudi, bertepatan dengan pukul 16:18 WIB atau 17.18 WITA di Indonesia. Ketika matahari istiwa (berada) di atas Ka’bah, maka secara otomatis bayang-bayang objek tegak di seluruh dunia akan lurus ke arah Kiblat. Karena kedudukan matahari di atas Ka’bah yang menyebabkan bayangan tegak di seluruh dunia searah Kiblat

Di daerah mana pun yang mampu menerima sinar matahari pada jam itu, umat Islam bisa menera arah Kiblat dengan sederhana namun terjamin akurasinya. Arah lawan bayangan itulah arah Kiblat berada, karena jam itu posisi matahari tepat berada di atas Ka’bah. pengukuran arah Kiblat yang memanfaatkan Rashdul Qiblat berpedoman matahari adalah navigasi yang telah Allah SWT berikan sejak dahulu.

Tetapi jika lokasi kita berada di daerah WIT yang tentu saja matahari telah terbenam ketika peristiwa Rashdul Qiblat berlangsung  masih ada kesempatan untuk melakukan pengukuran yakni pada tanggal 28 November pukul 00.09 waktu Arab Saudi atau 06.09 WIT dan peristiwa yang sama akan terulang pada tanggal 17 Januari pukul 00.29 waktu Arab atau 06.29 WIT. Karena pada waktu tersebut matahari terletak di antipode atau nadir (tepat berada di bawah ka’bah).

Baca Artikel Terkait :

1. Pengertian Kiblat dan Arah Kiblat
2. Penentuan arah Kiblat
3. Cara Mengukur Arah Kiblat saat Matahari tepat di atas Kabah
4. Mitos dan Realita, Sunan Kali Jaga dan Arah Kiblat Masjid Demak
5. Masjid Kiblatain, Masjid Dua Arah Kiblat
6. Arah Kiblat Masjid Demak Menghadap ke Ethopia

Iklan

One thought on “Fenomena Matahari Berada Tepat di Atas Kabah, 2015”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s