Fenomena Gerhana Bulan dan Matahari Tahun 2015

Gerhana Matahari  Total
Gerhana Matahari tahun 1999 di Perancis

Diprediksi di tahun 2015 akan terjadi 4 gerhana, 2 gerhana matahari dan 2 gerhana bulan, Gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

Sedangkan Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bum

Di perkirakan Sebuah Gerhana Matahari Total akan terjadi pada tanggal 20 maret 2015, Gerhana Matahari Total terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.

Peristiwa ini terjadi apabila bayang-bayang bulan jatuh ke permukaan bumi akibatnya daerah-daerah yang terkena bayang-bayang dari bulan akan mengalami kegelapan seperti waktu malam. Gerhana matahari total ini akan terlihat dikawasan belahan bumi bagian utara beikut daeah pengamatannya:

Wilayah yang beruntung menyaksikan fenomena langka ini adalah di daerah belahan bumi bagian utara, Negara Kepulauan Faroe merupakan salah satu wilayah yang akan dilintasi garis totalnya dan akan mengalami kegelapan total selama 2 menit, selain itu wilayah Svalbard, dan sebagian kutub utara akan dilintasi garis totalnya juga.

Gerhana Matahari
wilayah yang akan dilintasi Gerhana Matahri Total 20 Maret 2015 diantaranya Kepulauan Faroe, Svalbard, dan Kutub Utara.

Diluar garis totalnya yaitu wilayah seluruh negara-negara Eropa, Afrika bagian utara, sebagian wilayah Timur Tengah, dan sebagian Asia Barat akan mengalami gerhana matahari sebagian sesuai cakupan wilayah, semakin dekat garis total semakin besar pula intensitas tertutupnya Matahari oleh Bulan. Negara Inggris Raya, Islandia, Norwegia, Swedia, dan Serbia, akan mengalami gerhana matahari sebagian dengan intensitas yang cukup tinggi sekitar 80% – 98%.

Di perkirakan Gerhana Bulan Total juga akan terjadi lagi pada tanggal 4 April 2015 ini, dan Indonesia berpeluang menyaksikan fenomena yang langka ini. Gerhana Bulan Total terjadi apabila keseluruhan penampang bulan masuk ke bayangan bumi, bulan tidak akan hilang jika kita amati dari bumi melainkan berwarna merah gelap ini disebabkan pembiasan atmosfer bumi oleh matahari melalui perambatan.

Selain itu Gerhana Bulan Total ini dapat diamati dari kawasan Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, Oceania, Hawai, dan Amerika Utara. Gerhana Bulan Total ini merupakan rangkaian tetrad 4 gerhana total berurutan dan ini yang ke-3 dan paling singkat durasi totalnya hanya beberapa menit saja. di sebutkan bahwa Gerhana Bulan Total ini merupakan seri saros  132 ke 30 dari 71 gerhana. Fenomena ini bisa disaksikan diseluruh wilayah Indonesia.

Daftar Pustaka

http://id.wikipedia.org/wiki/Gerhana_matahari

http://id.wikipedia.org/wiki/Gerhana_bulan

http://kalastro.blogspot.com/2014/11/fenomena-astronomis-di-indonesia-selama-tahun-2015.html

http://astronomiinfo.blogspot.com/2015/02/fenomena-astronomi-bulan-maret-2015.html

http://astronomiinfo.blogspot.com/2014/12/jadwal-gerhana-tahun-2015.html

Iklan

2 thoughts on “Fenomena Gerhana Bulan dan Matahari Tahun 2015”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s