Legenda Fuxi dan Nuwa, Gunung Kun Lun

Gunung Kun Lun
Pegunungan Kunlun adalah rangkaian pegunungan terpanjang di Asia terletak di Provinsi Qinghai di Tiongkok dan melewati perbatasan Cina-India

Pegunungan Kunlun adalah rangkaian pegunungan terpanjang di Asia terletak di  Propensi Qinghai  di Tiongkok dan melewati perbatasan Cina India. Terbentang mulai dari Pamir di Tajikistan melewati perbatasan Xianjing dan Tibet sampai ke Propensi Qinghai.

Jarak pegunungan sekitar 1200 km sedangkan lebar di perkirakan 60-120 km dengan ketinggian rata-rata 5.500 meter di atas permukaan laut. Puncak tertinggi gunung sekitar 7.723 meter tepatnya berada di wilayah Muztag dekat perbatasan India.

Banyak cerita Legenda yang terikait pegunungan ini, diantaranya, Perjalanan ke Bharat Bhiksu Tom Sang Chong  dan Bai She Zhuan Legenda Siluman Ular Putih.

Selain itu juga ada Legenda Istana Wang Mu Ning Niang dan Taman Buah Persik Keabadian.  Banyak Masyarakat Tiong Hoa yang datang ke berbagai tempat di wilayah pegunungan ini untuk meminta berkat

Gunung Kunlun
Kota Kuno Lembah Kematian

Di pengunungan Kunlun terdapat kota kuno lembah kematian. mayarakat setempat menyebutnya “Kota Iblis“. Daerah ini merupakan daerah yang terbengkalai, tak ada satupun orang yang tinggal disini.

Walaupun disini tempat kastil-kasti kuno peninggalan zaman purba. ada beberapa kastil yang secara alami terukir akibat hembusan angin yang kencang.

Di siang hari, Tiupan Angin di wilayah Kastil-kastil ini berdiri akan terdengar laksana alunan melodi yang menyerupai dawai-dawai gitar yang dipetik dengan lembut. Namun ketika badai datang, pasir beterbangan kelangit dan seketika langit akan gelap.

Alunan melodi itu akan berubah menjadi suara auman harimau, jerit tangis bayi,  rintihan suara hewan yang sedang disembelih, jeritan wanita sekarat  dan pada akhirnya semua berubah menjadi suara teriakan, tangis, dan kemarahan.

Masyarakat setempat tidak diperbolehkan memasuki Pegunungan Kunlun. Konon wilayah ini dianggap sebagai pemberhentian terakhir atau ‘lembah kematian‘.  sehingga tempat dapat julukan, The Gate of Hell atau ‘Gerbang Neraka‘.

Dalam legenda, suara-suara itu di kaitkan dengan jeritan Kera Sakti Sun Go Kong saat menerima hukuman Budha di lembah lima jari.

Nu Wa

Menurut legenda, Nenek Moyang Manusia, Fuxi dan Nuwa, manusia pertama yang ada di bumi. mereka di percaya sebagai Leluhur Ras China pertama,

Mereka melarikan diri ke Gunung Kunlun Saat bumi dilanda banjir Besar yang menutupi semua dataran di bumi sekitar 12000 SM. Ketinggian Gunung Kunlun berhasil menyelamatkan Fu Xi dan istrinya Nuwa,

Setelah musibah banjir besar mereda mereka memohon kepada Cang TIAN 蒼 天Tian adalah salah satu istilah tertua bangsa China untuk menyebut Yang Maha Kuasa.

Makam Fuxi
Makam Fu Xi , Leluhur Orang Tionghoa “我愛的祖仙伏羲和女媧”, Sampai sekarang bannyak di kunjungi para Tourist

Di sekitar Gunung Kun Lun, di sanalah Fu Xi hidup selama 197 tahun dan menuju Surga, di sebuah tempat yang di sebut negeri Chen,

Wilayah Chen terbentang dari di sebelah timur kota Kaifeng (sekarang propinsi Henan) sampai ke bagian utara kabupaten Hao (sekarang propinsi Anhui), dengan ibukotanya adalah Wanqiu (kota kabupaten Huaiyang, sekarang propinsi Henan).

Tempat di mana FU XI di makamkam banyak dikunjungi para tourist. Dalam mitos Cina, Fu Xi atau Fu Hsi; juga dikenali sebaga Paoxi, merupakan yang pertama dari pada Tiga Tokoh Mulia.

Fuxi di yakini sebagai Raja dan Nabi Purba  (2952 – 2836 SM), Nabi dalam istilah agama Khonghucu di sebut Sheng Ren. di percaya, Nabi Fuxi lah yang mendapatkan Wahyu He Tu 河圖.

Wahyu He Tu berarti Peta Suci dari sungai Huang He yang mengungkapkan tentang Yin 陰 dan Yang 陽 atau sifat negatif dan positif. Wahyu ini ditulis dalam kitab San Fen (tiga makam),

Selain itu Nabi ini juga  menjadi pelopor pertama pembangunan rumah hunian pada waktu manusia masih memakai konsep rumah bersarang. mengajarkan rakyat untuk memasak, menangkap ikan dengan jala, dan berburu dengan senjata dari besi.

 Fu Xi

Dalam legenda Tiongkok.  Fuxi adalah manusia setengah dewa, yang memerintah dan mengajarkan keterampilan hidup bagi manusia awal.

Keterampilan ini meliputi menggunakan api, memancing, berburu, menulis, dan ramalan. Sheng Ren atau Nabi Purba ini juga mengajar bagaimana memutar serat tanaman untuk membentuk tali tebal dan tipis.

Tali yang sudah di bentuk di rajut menjadi tali pancing dan jaring, sehingga manusia mampu menjadi nelayan mencari ikan .dan juga membangun jembatan gantung yang kuat dengan tali tebal,

Menurut legenda tali tebal itu di gantung di antara jurang tinggi sehingga orang bisa menyeberang dari satu puncak gunung ke gunung yang lain.

Sedangkan Istrinya, Dewi Lie Kwa – Nu Wa 女媧, adalah nabi perempuan pertama dalam agama Khonghucu. Ia mengatur Hukum Tata Peribadahan kepada Cang TIAN 蒼 天 (Tuhan Yang Maha Suci),

Dewi Lie Kwa di percaya yang pertama kali menciptakan undang-undang perkawinan. dan berbagai adat-istiadat. Sejak itu status anak menjadi jelas. Bukan lagi anak bagi ibunya, tetapi anak bagi kedua orang tuanya.

Nu Wa juga melakukan konservasi alam untuk memperbaiki lingkungan yang rusak oleh peperangan, Selain itu, Cang Jie Pembantu  Nu Wa, menemukan cara menuliskan huruf-huruf dengan menirukan tapak-tapak hewan di tanah.

Hasil usaha pembatu Nu Wa terciptalah tulisan yang bersifat Piktografi yaitu tanda menyerupai gambar di Tiongkok .

Nuwa
Nu Wa : Istri Fu Xi . adalah nabi perempuan pertama dalam agama Khonghucu. mengatur Hukum Peribadahan kepada Cang TIAN dan menciptakan Hukum Perkawinan

Menurut mitos,  Nu Wa lah yang pertama kali menciptakan manusia. sehingga secara tradisi seluruh rakyat Tiongkok percaya  bahwa mereka keturunannya,

Pada mulanya leluhur orang Tiong Hoa ini, merancang manusia berbahan tanah liat dalam bentuk boneka,  Bentuk pertama ini belum mempunyai akal  pikiran dan gerak.

Melihat ciptaan pertamanya ia kurang puas, sehingga Nu Wa menghembuskan Ruh Kehidupan ke dalam boneka tanah tersebut. Seketika itu boneka tanah ciptaan pertamanya  menjelma menjadi manusia.

Manusia versi pertama ini belum di anugrahi kebijaksanaan. Nu Wa kemudian memberikan manusia jelmaan tanah itu sifat kebijaksanaan. lalu menciptakan alat musik bagi mereka. Melalui intrumen musik lambat laut muncul lagu dan tari.

Manusia kemudian dapat mengekspresikan perasaan mereka dengan bernyanyi dan menari. akhirnya mereka membentuk tradisi dan budaya untuk menata dan memperkaya hidup mereka.

Nabi perempuan pertama ini lalu menggagas aturan pernikahan agar laki-laki dan perempuan hidup bersama. Perlahan-lahan orang-orang belajar disiplin dan menangani perubahan tak terduga di lingkungan mereka.

Seiring waktu berjalan, sejarah manusia, budaya, dan aspek lainnya muncul sedikit demi sedikit. kehidupan sederhana mereka berkembang dari kehidupan primitif menjadi hidup berbudaya dan beradab..

Legenda lain terkait Gunung Kun Lun,  di percaya gunung Kun Lun merupakan istana Dewi Emas Wang Mu Niang-Niang, disana di yakini terdapat sebuah air mancur besar yang dibangun dari bermacam-macam batu mulia atau Telaga Zamrud,

Menurut situs www.goldenmother.org. Sorga Danau Biru dari Dewi Emas Danau Bercahaya, secara spiritual letak paralel di bumi berada di atas puncak gunung Kun-Lun.

Gunung Sakral ini telah lama menjadi salah satu gunung yang sangat terkenal namanya bagi para pembina kehidupan spiritual karena merupakan salah satu gunung yang memiliki sakralitas yang tinggi karena letak paralelnya sebagai pilar dari alam semesta.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s