Manfaat Buah Jeruk

jeruk
Jeruk atau limau adalah tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae .  Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang terkandung pada semua jenis tumbuhan berbunga yang berbentuk pohon dengan buah berdaging dengan rasa masam yang segar.

Asal jeruk adalah dari Asia Timur dan Asia Tenggara, membentuk sebuah busur yang membentang dari Jepang terus ke selatan hingga kemudian membelok ke barat ke arah India bagian timur.

Jeruk manis dan sitrun (lemon) berasal dari Asia Timur, sedangkan jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara.

Buah jeruk adalah sumber vitamin C dan Aroma yang khas berasal dari sejumlah flavonoid dan beberapa terpenoid. Selain itu lemon juga dapat menghilangkan masalah aroma nafas tak segar karena halitosis dan juga bau mulut yang disebabkan karena mengkonsumsi bawang.

Daging buah jeruk  mengandung banyak asam sitrat yang memberikan rasa masam yang tajam tetapi segar. . Kandungan asam sitrat pada lemon terbukti dapat membunuh bakteri yang berkembang di dalam mulut.

Satu buah jeruk dapat mensuplai sekitar 116,2 persen asupan vitamin C.  Mengkonsumsi  satu buah jeruk sehari dapat membantu kita mempertahankan keremajaan kulit.

Kandungan Vitamin C pada jeruk  dapat membantu menekan risiko kanker usus besar karena efektif dapat  mengusir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada metabolisme tubuh.

Vitamin B6 yang terkandung dalam jeruk membantu produksi hemoglobin dan juga menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Senyawa Polymethozylated flavon (PMFs) dalam kulit buah jeruk memiliki potensi untuk menurunkan kolesterol lebih efektif dan tanpa efek samping daripada resep obat lainnya.

Selain itu, Serat dalam jeruk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. dan kandungan fruktosa pada jeruk  dapat menjaga gula darah tetap normal, Karena itulah, jeruk aman dijadikan makanan selingan sehat bagi penderita diabetes.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s