Legenda Delapan Dewa, Klenteng Kwan Sing Bio

klenteng kwan sing bio3Klenteng Kwan Sing Bio

Kwan Sing Bio di Jalan RE Martadinata, Kabupaten Tuban, mulai bersolek. Klenteng tertua ini siap menyambut datangnya tahun baru Imlek 2566. Bangunan berlantai empat yang ada di bagian belakang merupakan bangunan terbesar yang ada di klenteng ini, dari lantai atas kita dapat melihat sebagian besar area klenteng.

Selain dapat melihat keindahan dan kemegahan klenteng, kita juga dapat melihat laut lepas yang ada di sebelah utara. Kelenteng Kwan Sing Bio menganut  ajaran Tri Dharma  yaitu Budha, Tao dan Konghucu dengan pemujaan pada dewa utamanya yaitu Dewa Kwan Kong.  Selaras dengan arti nama Kwan Sing Bio yang berarti kelenteng untuk memuja dan menghormati Dewa Kwan Kong.

kwam sing bio

Kelenteng Kwan Sing Bio ini adalah satu-satunya kelenteng di Indonesia yang menghadap ke laut. Jika di kelenteng-kelenteng lain yang menjadi simbol di pintu masuknya adalah naga, maka simbol di pintu masuk Kelenteng Kwan Sing Bio ini tidak menggunakan simbol naga.

Di bagian atas gerbang itu terdapat hiasan seekor kepiting yang berukuran cukup besar. dengan bentuknya yang khas,  akan menyambut pengunjung sebelum mereka memasuki kelenteng. Di bagian atas gerbang. Hiasan kepiting ini menjadi Simbol pintu masuk Kelenteng seolah-olah menjadi ikon Kelenteng Kwan Sing Bio.

Ada banyak kisah klasik dari negeri Tiongkok. Salah satunya adalah Legenda Delapan Dewa (Pat Sian). Kisah ini ditampilkan dalam banyak versi mulai dari film, buku cerita, komik, game, teater dan sebagainya. Selain itu ada juga yang menampilkan kisah legendaris itu dalam bentuk relief seperti yang ada di Kelenteng Kwan Sing Bio di Kota Tuban, Jawa Timur.


Delapan Dewa Baxian

Legenda Delapan Dewa

Dalam bahasa Mandarin disebut Ba Xian berasal dari mitologi Taoisme dan termasuk dewa dewi terkenal dalam kisah klasik Tionghoa. Mereka adalah simbol keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa. Masing-masing dewa mewakili 8 kondisi kehidupan.

Legenda Delapan Dewa adalah salah satu tema favorit dari seniman-seniman Tiongkok dan kebanyakan menjadi objek yang digambarkan dalam keramik dan porselen. Mereka juga banyak muncul dalam literatur Tiongkok.

Ke delapan dewa tersebut adalah: Zhong Li Quan, Li Tie Guai, Lü Dong Bin, Zhang Guo Lao, He Xian Gu, Lan Cai He,Han Xiang Zi, Cao Guo Jiu


 

Han Zong LiDewa Zhong Li Quan Pemimpin 8 Dewa

Dewa tertua kedua dalam Legenda Delapan Dewa , selain itu Zhong Li Quan juga pemimpin mereka.Ia memiliki kipas dari daun palem yang dapat membangkitkan orang mati.

Dewa ini memiliki nama famili yang unik dan sangat jarang yaitu Zhong Li. Saat ia lahir, suatu cahaya yang sangat menyilaukan menerangi kamarnya. Sejak itu, ia tidak berhenti menangis sampai tujuh hari setelah kelahirannya.

Diceritakan Zhong Li Quan bertemu dengan seorang pendeta Tao di hutan yang setelah diminta, memeberikan resep untuk menjadi dewa. Tidak lama setelah meninggalkannya, Zhong Li Quan hendak melihat gubuk pendeta itu untuk terakhir kalinya dan terkejut saat mendapati gubuk tersebut telah lenyap.


Ti Gua LiLi Tie Guai Dewa Tongkat Besi

Li Tie Guai berarti “Li si Tongkat Besi” merupakan salah satu anggota Legenda Delapan Dewa . Li Tie Guai disimbolkan dengan botol labu dan tongkat besi.

Sebentuk asap keluar dari ujung botolnya, melambangkan hun atau jiwanya, yang tidak berbentuk, atau berbentuk miniatur dirinya.

Walaupun dikenal pemarah, Li sangat murah hati terhadap kaum miskin, orang sakit dan mereka yang membutuhkan pertolongan. Ia menolong mereka dengan botol cupu labu yang selalu dibawanya.

Pada malam hari, Dewa Tongkat Besi merubah ukuran tubuhnya sekecil mungkin agar bisa tidur di dalam botol labunya.


Li Dong BinLü Dong Bin, Dewa Penolong dan Pembasmi Roh-Roh Jahat.

Dewa ini sering dipanggil dengan sebutan Shun-yang. Shun-yang adalah salah satu dari Legenda Delapan Dewa.

Di tangan kanannya sering membawa kebutan suci pendeta Tao. Simbol Lu Dongbin adalah pedang Pembunuh Roh Jahat dan dengan gerakan terbang yang cepat.

Konon diceritakan bahwa saat Lü Dong Bin lahir, tercium harum seisi rumah, juga alunan musik merdu dari langit dan lintas sinar putih yang masuk ke dalam ruangan melalui tirai kamar pada saat ibu-nya tengah melalui masa persalinan.

Sebelum mempelajari Tao, Zhong li Quan menguji Lu Dong bin dengan berbagai ujian berat, ia berhasil melewati semuanya. Lu Dong bin dapat dikatakan sebagai salah satu Dewa yang paling populer dari Legenda Delapan Dewa . Ia dianggap sebagai penolong orang miskin dan pembasmi roh-roh jahat.


Zang Goa LoZhang Guo Lao,  Penunggang Keledai Ajaib,

Dewa yang di juluki  “si tua Zhang Guo” adalah salah satu dari Legenda Delapan Dewa , Ia senang membuat minuman dari tanaman dan tumbuhan obat.

Anggota Delapan Dewa senang minuman buatannya yang dipercaya mengandung obat penyembuh.

Selain penjelmaan dari kelelawar putih, ia menunggangi keledai ajaib.  Keledai ini di yakini dapat berjalan ribuan mil per hari secara terbalik (menghadap ke belakang). Keledai dewa ini dapat dilipat seperti kertas dan disimpan di dalam sakunya. Untuk mengembalikannya, cukup diperciki air segenggam penuh.

Biasanya ia membawa bulu burung phoenix atau buah tho (buah panjang umur). Simbol dari Zhang Guo Lao adalah tambur ikan, sebuah instrumen yang mampu menghasilkan suara bising. Salah satu yang paling eksentrik dari Delapan Dewa, ada jurus kungfu yang dibuat untuk menghormatinya, seperti tendangan saat salto ke belakang, dan kayang hingga bahu menyentuh tanah.


Dewi KeberuntunganHe Xian Gu Dewi Keberuntuungan

Di kenal sebagai “Dewi He“, He Xian Gu merupakan salah satu anggota wanita dari  Legenda Delapan Dewa . berasal dari keluarga kaya dan dermawan di daaerah Zengcheng, Guangdong.

sejak lahir memiliki enam rambut panjang di kepalanya. Saat ia berumur 14 tahun, sebentuk roh muncul di hadapan He Xian Gu yang menyuruhnya untuk menggerus batu mika menjadi bubuk dan meminum larutannya.

Larutan tersebut akan menguapkan partikel-partikel tubuhnya dan menjadikannya abadi. Dewi He mengikuti perintah tersebut dan memperoleh hidup abadi.  Tak lama kemudian  He Xian Gu mampu terbang dari satu gunung ke gunung lainnya, memetik bunga dan buah-buahan untuk ibunya. Lama kelamaan ia sudah tidak perlu makan lagi.

Suatu saat Ratu Wu memanggilnya tetapi di perjalanan ia menghilang dan berubah menjadi dewi pada masa Qing Long. menurut legenda Suatu hari pada periode Long Jing (sekitar 707 CE), He Xian gu terbang ke langit
 di siang hari, dan menjadi Dewa Tao.

Simbol dari He Xian Gu adalah bunga teratai yang dipercaya dapat mengembalikan kesehatan fisik dan mental seseorang. Ia digambarkan membawa bunga teratai dan sheng(instrumen musik). Acapkali ia juga ditemani seekor burung fenghuang dan membawa serta irus bambu atau tongkat sabutan.


Lan Cai HeLan Cai He Dewa Bergaun Biru Lusuh, Pelindung Para Pujangga

Dewa Bergaun Biru Lusuh adalah salah satu dari Legenda Delapan Dewa Asal-usul Lan Cai He  seringkali digambarkan sebagai seorang anak laki-laki namun dalam beberapa naskah maupun cerita, ia juga sering digambarkan sebagai seorang anak perempuan. Satu hal yang menjadi ciri khas-nya tersendiri adalah keranjang bambu penuh dengan bunga.

Dewa yang suka menggunakan gaun biru lusuh ini sering aneh dan eksentrik, dikenal sebagai dewa pelindung para pujangga, memiliki lirik lagu yang dapat memprediksi kejadian masa depan secara akurat. Dia terbang meninggalkan dunia dengan angsa langit atau burung bangau pergi ke langit.

Menurut legenda pernah suatu hari ketika berada di sebuah kedai, ia diduga bangun dan pergi ke kamar mandi. Tapi sebelum berangkat pergi dia melepaskan pakaiannya dan terbang dengan burung bangau atau angsa pergi ke langit.


Han Siang SIHan Xiang Zi Dewa Seruling  Kehidupan Pencinta Kesunyian

Dewa ini seorang filsuf,  Han Xiang Zi merupakan salah satu anggota dari Legenda Delapan Dewa . Han Xiang Zi sepupu dari Han Wên Kung..

Han Xiang belajar Taoisme di Pengadilan Tang di bawah bimbingan Lu Dongbin.

Pada suatu perjamuan dengan Han Yu, Han Xiang membujuk Han Yu untuk melepaskan kehidupan birokrasi dan ikut memperdalam ajaran Tao. Tapi Han Yu tetap pada pendiriannya dan sebaliknya mengatakan bahwa Han Xiang harus memberikan  hidupnya untuk Taoisme, bukan Konghucu, jadi Han Xiang menunjukkan  kemampuan Tao yang dia pelajari.

Dewa Pencinta Kesunyain ini menuangkan anggur kedalam cangkir demi cangkir dari labu miliknya tanpa berhenti. Karena serulingnya dapat memberikan kehidupan, maka Han Xiang juga disebut pemain seruling pemberi perlindungan. Han Xiang Seorang pecinta kesunyian, mewakili orang ideal yang senang tinggal di tempat alamiah.

Han Xiang zi sering menyusuri desa sambil meniup seruling dengan merdu sehingga menarik perhatian burung-burung dan binatang lainnya. Han Xiang zi tidak mengenal nilai uang dan bila diberi uang akan dia sebarkan di tanah.


Cou go cioCao Guo Jiu Dewa Batu Giok

Dewa terakhir dari Delapan DewaCao Guo Jiu adalah adik laki-laki dari ibu salah seorang raja Dinasti Sung. Dia ditampilkan dengan pakaian pejabat resmi dan butiran batu giok.

Kadang-kadang ia terlihat memegang alat musik.  keajaiban butiran batu gioknya adalah dapat memurnikan lingkungan.

Cao Guojiu adalah paman dari seorang Kaisar pada zaman Dinasti Song, yaitu adik terkecil dari janda Ibu Suri Cao. Adik Cao Guojiu, Cao Jingzhi adalah pengganggu, tapi tak ada yang berani  menuntut dia karena koneksi yang kuat, bahkan setelah dia membunuh seseorang.

Cao Guojiu begitu kewalahan oleh kelakuan adiknya, merasa sedih dan malu. Akhirnya ia mengundurkan diri dari kantornya dan kembali pulang. Suatu hari Zhongli Quan dan Lu Dongbin bertemu dengannya dan menanyakan apa yang sedang dia lakukan. Dia menjawab bahwa dia sedang belajar Tao. “Apakah itu dan dimanakah itu?”, mereka balik bertanya.Pertama-tama dia menunjuk ke langit dan kemudian ke hatinya”.


Daftar Pustaka

  1. Kisah Delapan Dewa di Kelenteng kwan sing bio Tuban
  2. id.wikipedia.org  Delapan Dewa
  3. id.wikipedia.org. Zhong Li Quan
  4. id.wikipedia.org. Li Tie Guai
  5. id.wikipedia.org. Dong Bin
  6. id.wikipedia.org. Zhang Guo Lao
  7. id.wikipedia.org He Xian Gu
  8. id.wikipedia.org Lan Cai He
  9. id.wikipedia.org Han Xiang Zi
  10. id.wikipedia.org Cao Guo Jiu
  11. newsbagua. 辞旧迎新《醉八仙》美女八仙COS齐贺岁
  12. Baike. 八仙传奇 – 民视 古代神仙剧《八仙传奇》
  13. gk99.  英雄不问出处 《八仙传》众神汇聚
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s