Cantik di Segala Usia ala Okky Asokawati

Okky Asokawati

Tak peduli usia, latar belakang budaya, gaya berbusana dan riasan aksesori yang di kenakan, tinggi tubuh, warna rambut, atau bentuk mata, “Cantik adalah merasa nyaman pada apa yang menempel pada tubuh kita”, menikmatinya dengan sepenuh hati, dan menjaganya agar selalu prima. Itulah makna cantik yang sebenarnya.” kata Okky Asokawati

Sejak kecil, Okky Asokawati,  gemar bersolek dan bergaya di depan cermin.  pada usia belasan tahun, wanita berdarah campuran Jawa-Sunda ini  menjadi peragawati. Profesi itu membuat Okky melanglang buana menjelajahi setiap fashion show dari panggung ke panggung. Pengalaman tersebut membuat mantan model ini lebih matang menjalani kehidupan.

Berbekal ijazah Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan pengalamannya sebagai model tersebut, Okky mendirikan sekolah model OQ Modelling. OQ Modelling yang didirikannya mempunyai visi membentuk para remaja agar memiliki konsep diri serta kepercayaan diri yang positif,  sekolah modeling ini memiliki empat cabang yakni di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Setelah melepaskan diri dari dunia catwalk, karier Okky justru makin cemerlang, ia kini menjadi presenter acara televisi, model iklan dan juga terjun main sinetron. Tak sedikit orang yang memuji kemampuan aktingnya dalam sinetron “Senandung” yang ditayangkan Indosiar.

Okky yang pemalu berhasil menjadi putri remaja pada tahun 1977. Okky yang merasa kurang percaya diri bisa bertahan di panggung peragaan (1980-1990). Okky yang ketika SD menyadari bahwa ia tidak pintar, berhasil menyelasaikan kuliah di Fakultas Psikologi UI dengan baik.

Semua itu dicapai dengan usaha yang sungguh-sungguh dan tak kenal lelah. laksana “tinta pengisap” selalu menyerap pengetahuan dari orang sekitarnya. Satu pelajaran buat kita semua.

Meski sudah meninggalkan dunia model dan terjun sebagai anggota DPR RI (Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia), dengan mengenakan jilbab penampilan mantan peragawati Okky Asokawati tetap tampil cantik, modis, dan anggun.

Menurut dia, perempuan yang tampil berjilbab maupun tidak harus tetap bisa tampil menarik di depan publik dalam kondisi beraktivitas secara aktif. Berjilbab bukan berarti meninggalkan kecantikan.

“Di mata saya, semua wanita itu cantik, sayangnya tak banyak wanita yang merasa dirinya cantik, terlebih jika makna cantik tersebut di kaitkan dengan penampilan fisik beserta segala kekurangan, kelebihan, maupun ke unikannya, cantik adalah metamorphosis yang terus berevolusi.” jelasnya

Menurut Okky. Sebenarnya prinsip-prinsip dalam berbusana yang baik dan menarik sama saja. Mau berjilbab atau tidak, harus mengikuti kaidah atau hukum-hukum dalam berbusana.

Gaya Hijab Stylish Okky Asokawati
gaya wanita paruh baya yang stylish ala Okky ketika berpergian.

Hal itu senada dengan apa yang pernah di ungkapkan Zaskia Adya MeccaMenjadi Muslimah bukan berarti kita ketinggalan zaman, nggak update, nggak mengikuti mode, kita harus smart, beautiful, and fashionable

Usia anggota DPR dari fraksi PPP ini hampir memasuki usia setengah abad, namun peraih penghargaan Putri Bergaun Malam Terbaik, Majalah Gadis, 1978 masih menggunakan warna-warna cerah dan terang untuk busana yang dikenakan.

Padahal sebagian wanita memahami cantik sebagai sesuatu yang segar, muda dan ranum, namun tidak bagi ibu dari Taniva dan Queentadira “kecantikan tidak ada hubungannya dengan usia, kerutan pada wajah, atau rambut yang memutih.

Kecantikan seseorang terletak dalam diri dan berkaitan erat dengan bagaimana seseorang menikmati semua yang ada pada dirinya, baik fisik, spirit, kehidupan pribadi dan sosial, maupun karier”.

Jika biasanya bentuk tubuh wanita berusia setengah abad berubah jadi gemuk, tidak begitu bagi Model senior 52 tahun ini, Ia tetap bisa merawat kecantikannya dengan cara alami. Salah satunya, dengan memilih menu makanan yang tepat. setiap setelah bangun ibu dari dua orang anak ini,  selalu mimum 3 gelas air putih sebelum beraktivitas.

Setelah salat subuh minum 3 gelas air putih dan menikmati sarapan pagi satu jam kemudian. untuk sarapan pagi, satu buah kentang rebus atau  roti gandum yang dibakar.

Menu ini dia pilih karena, menurutnya, kalorinya tidak terlalu besar dan sangat membantu menjaga bentuk tubuhnya. Untuk minumannya Okky lebih memilih jus, biasanya  jus jambu atau jus belimbing, Sedangkan malam harinya, ia lebih memilih mengonsumsi buah-buahan.

Inilah rahasia Kecantikan penulis buku “Cantik di Segala Usia” ini, Setiap Pagi anggota Komisi IX bidang kesehatan dan ketenagakerjaan ini, Minum 6 gelas air putih, hal ini membantu membersihkan usus, memperlancar fungsi tubuh, dan mencegah Okky dari berbagai penyakit.

Asupan air yang cukup akan menghidrasi tubuh sehingga semua organ tubuh Okky akan dapat berfungsi dengan baik. Asupan air yang cukup juga akan membuat kulit Model Senior ini,  tetap lembab dan kencang,

Selain itu terapi air dapat mengurangi berat badan, meningkatkan metabolisme, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan memperlancar peredaran darah. Terapi air ini telah dipraktekkan oleh orang Yunani dan Romawi kuno yang kemudian diadopsi dalam pengobatan Cina dan India kuno.

Okky juga rutin mengkomsumsi buah-buahan dan meminum jus Jambu dan Belimbing, semua hal itu ia lakukan untuk merawat tubuh dan wajah agar tetap cantik alami. Meminum jus belimbing  setiap hari bisa menjadikan kulit dan rambut Model Cantik ini lebih cantik.

Buah belimbing mengandung berbagai vitamin dan mineral yang jika dikonsumsi dapat memperbaiki kondisi kulit dan akan menunda penuaan dini pada rambut . Jus belimbing  mengandung vitamin C dan zinc yang diperlukan untuk menjadikan kulit lebih sehat dan bercahaya.

Sehingga buah tersebut dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti eczema dan jerawat dari dalam. Selain itu rutin mengkomsumsi buah-buahan bermanfaat untuk kecantikan seperti melembabkan kulit, memutihkan serta mengencangkan kulit.

Selain selalu merawat kecantikan dengan rutin makan buah-buahan dan Jus Belimbing, perempuan populer pilihan majalah Matra 1993 ini, berusaha untuk menjaga kesehatan dan kecantikannya dengan rutin berolah raga. Kendati olahraga bukan hobi nya, namun model cantik ini mengaku tetap menjalaninya, meski tak memiliki waktu yang tentu.

Mantan redaktur pelaksana majalah Sarinah (1992-1994) ini, tetap meluangkan waktu di sela-sela kesibukan untuk rutin berolahraga renang selama 30 menit tiga kali dalam seminggu. Melakukan olahraga minimal 30 menit sekali setiap hari secara teratur membuat tubuh melepaskan endorphin senyawa kimia yang dihasilkan di otak

Tak heran jika Okky Asokawati selalu tampak rileks dan ceria. Renang juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan cara melancarkan sirkulasi darah ke kulit dan membantu memberikan nutrisi untuk kulit serta menghambat terjadinya kerutan yang berakibat pada penuaan dini.

Kegiatan Olah raga Renang yang di pilih Model Senior Cantik di usia 52 tahun ini, meski hanya 30 menit, mempunyai menfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh dan pikiran terutama untuk menghilangkan stress.

stress adalah penyebab umum dari insomnia, yang kemudian dapat menyebabkan kesulitan berkonsentrasi, mudah marah, dan kurangnya motivasi. secara signifikan dapat menyebabkan ketidakseimbangan fisiologis yang memberikan kontribusi untuk rambut rontok, penuaan dini dan kulit keriput.

okky Asokawati
Okky tatap cantik berjilbab

Secara psikologis, berenang dapat membuat hati dan pikiran Model Cantik lulusan sarjana psikologi UI tahun 1988 ini lebih relaks. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otaknya.

Suasana hati jadi sejuk, pikiran lebih adem, badan pun bebas gerah. tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. Otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi,

Sehingga bergerak di dalam air dapat secara efektif membakar sekitar 24% kalori dalam tubuh. tentunya olah raga ini di pilih oleh penulis buku “Jangan Menoleh ke Belakang.” ini, agar dapat menurunkan berat badannya tetap cantik dan seksi.

Seseorang yang mampu menyelesaikan program latihan renang selama 8 minggu, oraang tersebut akan mengalami proses peningkatan massa otot trisep sebesar 23.8%.

Selain itu, berenang secara cepat dengan ritme yang teratur dapat meningkatkan tiga hal: Ketahanan kardio, kekuatan, dan ketahanan otot. Penelitian menemukan bahwa orang yang biasa berenang, secara biologis lebih muda hingga 20 tahun dari umur mereka yang sebenarnya.

Data penelitian yang dipresentasikan pada American College of Sports Medicine Conference pun menunjukkan bahwa tekanan darah, tingkat kolesterol, performa kardiovaskular, sistem saraf pusat, dan fungsi kognitif orang yang biasa berenang bisa bersaing dengan orang yang jauh lebih muda.

Selain itu manfaat olah raga renang serupa dengan yoga, selama berenang terjadi peregangan dan relaksasi otot-otot yang disertai dengan teknik pernapasan yang berirama. berenang dapat melepaskan endorfin, hormon antistres. Itulah sebabnya olah raga air ini dapat membantu menghindari dari gejala stres.

Bagi wanita, Renang membantu membentuk tubuh yang cantik dan tinggi, Bisa membuat warna kulit menjadi lebih indah dan seksi, membantu mengencangkan otot perut dada paha dan lengan, membuat tubuh menjadi tinggi semampai sesuai dengan yang kebanyakan wanita inginkan, dan mengurangi resiko terkena stroke.

Tidak dapat disangkal bahwa olah raga berenang, makan buah-buahan dan rutin minum 6 gelas air putih setiap hari sebelum beraktivitas, sebagaimana Okky asokawati, akan memberikan manfaat yang tak terhitung jumlahnya bagi semuanya, terutama untuk merawat kecantikan secara alami, tak terkecuali wanita di segala usia.

Untuk apa melakukan Suntik botox, implan silikon, bedah plastik, dan liposuction.  kalau ada cara yang lebih mudah dan alami agar menjadi cantik.

Menurut Okky Asokawati,Cantik adalah mengabaikan kekurangan pada diri kita dengan cara menfokuskan perhatian pada kelebihan dan keunikan yang ada”. Cantik adalah menjadi diri kita sendiri dan bukan orang lain. Cantik adalah merasa nyaman dengan diri kita sendiri”.

Mempercantik diri dengan sesuatu yang terlalu mahal dan tidak wajar perlu kita lupakan. Cukup melakukan cara yang alami dan mudah, kita mulai BELAJAR  dari kisah Cantik Ala Okky Asokawati.  masih bisa modis dan lebih muda 20 tahun dari umurnya yang sebenarnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s