Manfaat Buah Cempedak

Rumbu_Cempedak
Mengenal Buah Cempedak

Bentuk buah Cempedak sekaligus rasa dan keharumannya  mirip sekali dengan nangka,  aromanya  menyengat kuat seperti buah durian. Cempedak merupakan tanaman buah-buahan dari famili Moraceae.

Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara ini menyebar luas mulai dari wilayah Tenasserim di Burma, Semenanjung Malaya termasuk Thailand, dan sebagian Kepulauan Nusantara: Sumatra, Borneo, Sulawesi, Maluku hingga ke Papua. Juga banyak didapati di Jawa bagian barat.

Buah ini dikenal secara luas sebagai cempedak atau campedak, buah yang mirip nangka ini juga memiliki beberapa nama lokal seperti bangkong (cempedak hutan, bentuk liar di Malaysia), baroh (Kep. Lingga dan Johor), nangka beurit (Sunda), nongko cino (Jawa), cubadak hutan (Minangkabau) tiwadak (Banjar) dan lain-lain.


Kandungan Gizi dan Vitamin Buah Cempedak

Dalam /100 gram Buah Cempedak mengandung energi 116 kkal, protein 3.0 g, Lemak 0,4 g, Karbohidrat 28,6 g, Kalsium 20 g, Fosfor 30 g, Zat Besi 1,5 mg, Vitamin A 200 (SI), Vitamin C 15 g, Air 67,0 gram.

Di lihat dari komposisi gizinya buah yang berasal dari asia tenggara ini tidak kalah dengan nangka. Pada nangka muda hanya terdapat kandungan energi sebesar 51 ( kkal) dan vitamin A hanya sebesar 25 (SI) /100 gram buah nangka muda.


Manfaaat Buah Cempedak

Kandungan vitamin A yang mencapai  200 (SI) per 100g pada buah cempedak ini berperan untuk menjaga kesehatan kornea mata.

Selain itu Cempedak juga mengandung serat pangan (dietry Fiber) yang berfungsi membantu menjaga kesehatan seluruh pencernaan dan menekan angka kolesterol dalam darah.

Kulit batang cempedak ternyata juga mengandung komponen yang dapat membantu mencegah tumor dan malaria. Dan senyawa utama heteriflavon C yang dapat menghilangkan parasit penyebab malaria hingga mencapai keberhasilan 100%.

Kulit Cempedak yang di kenal dengan nama Manday merupakan makanan favorit sebagian masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan.

Mereka sering mengkonsumsi Manday. Manday adalah kulit cempedak yang sudah di kupas lalu di rendam di dalam air garam selama 2-3 hari, hingga menjadi lunak dan mengalami fermentasi, kemudian di goreng sehingga kulit cempedak ini menyerupai pisang goreng.


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s