Pengertian Web Feed, Sindikasi Web dan RSS

Sindikasi, RSS, Web Feed
Pengertian Sindikasi, RSS, Web Feed

Umpan web ( web feed), adalah sebuah format data bertipe XML yang digunakan untuk memberi tahu pengunjung tentang update terbaru dari sebuah website secara berkala. web feed atau sering di sebut dengan feed saja berperan sebagai Distributor penyedia isi, yang mensindikasikan suatu umpan web. Feed ini  mengecek situs yang menyediakan RSS dan menampilkan berbagai artikel baru yang ditemukan. dan mengizinkan para pengguna untuk berlangganan. web feed bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Membuat suatu koleksi umpan web yang tersedia pada satu tempat dikenal sebagai agregasi, yang dilakukan oleh agretor (disebut juga pembaca umpan atau pembaca berita).

Web Feed atau Umpan Web
Web Feed atau Umpan Web

Arah panah pada gambar No 1, menunjukkan bahwa pengguna yang harus aktif mengunjungi blog (B) dan website (C).  pada gambar sebelah kiri. Pengguna Internet harus membuka website di browsernya untuk mendapat Informasi terbaru dari situs tersebut,. Bandingkan dengan gambar No . 2, Pada gambar sebelah kanan,  untuk mendapatkan informasi update terbaru dari blog (B) dan website (C), pengguna Internet tidak perlu mengunjungi website tersebut terlebih dahulu.

Proses di atas bisa dilakukan karena blog (B) dan website (C) mempunyai fitur feed. Dimana pengguna Internet harus terlebih dahulu melakukan subscribe feed dari website tersebut. subscribe feed adalah situs representasi yang dapat dibaca mesin dari blog kita yang dapat diambil dan ditampilkan di situs web lain. Subscribe ke feed sebuah website bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi (biasanya disebut dengan feed reader). Baik aplikasi berbasiskan web ataupun berbasiskan desktop. Jadi, cukup dengan membuka aplikasi feed reader atau program pembaca umpan tersebut dan kita  akan mendapatkan update terbaru dari website/blog langganan.

Umpan atau Feed tidak hanya bisa dibaca dari komputer. Melainkan juga bisa dibaca melalui media lain, seperti handphone, PDA, smartphone, dan lain-lain. Selama dalam perangkat tersebut terdapat aplikasi feed reader dan terkoneksi dengan Internet, maka mendapatkan update langsung melalui feed akan bisa dilakukan.

Dalam skenario umum penggunaan umpan web (web Feed), penyedia isi mempublikasikan suatu pranala umpan atau Feed pada situs mereka yang dapat dilanggani oleh pengguna akhir dengan menggunakan program pembaca umpan yang dijalankan dari komputer para pembaca itu sendiri. Jika diminta, agregator akan membaca server-server pada daftar umpannya untuk mencari isi baru; jika ditemukan, agregator dapat memberitahukan adanya isi baru tersebut atau langsung mengunduhnya. Agregator juga dapat dijadwalkan untuk mengecek isi baru secara periodik.

Jenis muatan yang disampaikan oleh umpan web ( Web Feed ) umumnya adalah HTML (isi halaman web) atau pranala ke halaman web dan berbagai media digital lain. Seringkali suatu situs web yang menyediakan umpan web hanya menyertakan ringkasan pada umpan web mereka dan bukan isi lengkapnya. Umpan web diberikan oleh banyak situs web berita, webblog, sekolah, dan podcast.

Sindikasi web adalah suatu bentuk sindikasi yang menyediakan bagian dari suatu situs web untuk digunakan oleh situs lainnya. Ini dapat dilakukan secara sederhana dengan melisensikan isinya untuk dapat digunakan orang lain. Umumnya, sindikasi web merujuk pada penyediaan umpan web dari suatu situs kepada orang lain untuk memberikan ringkasan isi yang baru ditambahkan pada situs tersebut, misalnya berita atau kiriman forum terbaru. Sindikasi menguntungkan baik bagi situs yang menyediakan informasi maupun situs yang menayangkannya. Untuk situs penerima,

Sindikasi isi adalah suatu cara efektif untuk menambah kedalaman dan kemutahiran informasi pada halaman-halaman Blog dan membuatnya menjadi lebih menarik untuk pengunjung. Untuk situs pengirim, sindikasi memberikan pemaparan di berbagai platform terhubung. Ini akan menghasilkan lalu lintas baru bagi situs pengirim dan membuat sindikasi menjadi suatu cara pemasaran yang mudah dan gratis.

Semakin diterimanya sindikasi web juga menjadi perhatian bagi pemasar terhubung. Peselancar web menjadi lebih hati-hati dalam memberikan informasi personal untuk bahan pemasaran (seperti mendaftar pada suatu nawala dan sebaliknya lebih memilih untuk berlangganan pada suatu umpan. umumnya sindikasi dikirim dalam format XML. Dua keluarga utama format sindikasi web adalah RSS dan Atom.

RSS singkatan dari Really Simple Syndication (menurut versi terbaru 2.0). Atau sindikasi yang sangat sederhana/simpel, kata sindikasi sendiri menurut bahasa dalam kamus KBBI adalah “gabungan, persekutuan.” Jadi RSS adalah sebuah dokumen file yang digunakan situs web atau web blog untuk himpunan kontennya yang selalu berubah (bertambah). RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (di antaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa :

Rich Site Summary (RSS 0.91)
RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
Really Simple Syndication (RSS 2.0)

Teknologi yang dibangun dengan RSS mengizinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (RSS feed) , biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan Feed.  menurut juragancipir.com, RSS Feed ini meliputi posting baru, berita utama, audio baru dan video berformat standar, serta metadata seperti tanggal penerbitan dan nama penulis.

Dalam artikelnya juragancipir.com, menerangkan, Pada situs wordpress, “RSS Feeds beralamat di http://yoursite.com/feed. sedangkan pada situs blogger beralamat di http://yoursite.blogspot.com/feeds/posts/default” . Selain itu, ada situs di internet yang berperan sebagai penyimpan umpan semua situs web. Yaitu http://www.feedburner.com yang diberdayakan oleh Google. Feed burner akan me-redirect umpan menuju berbagai jenis feed agregator dan feed reader lainnya menjadi sumber umpan. Misalnya, My Yahoo!, Google Reader, News Gator, Google Fusion, My Aol, Bloglines, dan sebagainya“.

Untuk berlangganan RSS Feed tidak diperlukan biaya, Tanpa diperintah, RSS siap mengantarkan informasi relevan dan terbaru yang dinginkan dari dari blog atau situs favorit . Namun, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.

Daftar Pustaka

http://id.wikipedia.org/wiki/RSS
http://id.wikipedia.org/wiki/Sindikasi_web
http://id.wikipedia.org/wiki/Umpan_web

http://majalahweb.com/2008/10/apa-itu-feed/

http://www.blogodolar.com/tips-pemula/apa-itu-rss-feed/

http://juragancipir.com/pengertian-rss-feeds-cara-mencegah-pencurian-artikel/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s