Buah Nanas : Hentikan Radikal Bebas dan Normalkan Stres Berat

Nanas-Penuh-Pelbagai-Khasiat-253x300Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae).

Buah nanas mungkin bukan menjadi pilihan konsumsi buah bagi banyak orang. Padahal manfaat buah nanas bagi tubuh manusia sangatlah beragam. Sayangnya hal itu tidak disadari oleh banyak orang sehingga buah nanas-pun lambat laun jarang dikonsumsi oleh manusia.

Buah nanas kalah pamor dibandingkan dengan buah kiwi, jeruk, papaya dan beberapa buah lainnya yang sering dijumpai di toko buah atau di atas meja makan di rumah. Padahal jika mengetahui manfaatnya nanas tidak begitu saja disingkirkan dari daftar buah yang wajib dikonsumsi setiap hari.

Buah nanas mengandung vitamin C dan Vitamin A (retinol) masing-masing sebesar 24,0 mg dan 39 mg/100 gram buah. Asam askorbat, betakarotenoid dan bremolin yang ada secara alami pada buah Nanas .

Buah bersisik ini juga memiliki kandungan Senyawa fenolik antara lain myricetin, quercetin, tyramine dan ferulic acid.. Selain itu Buah nanas juga mengandung serotonin sekitar 1,7 mg hingga 3,15 mg/100 gram buah.

Buah Nanas Menormalkan Strees
Buah Nanas Menormalkan Strees

Aktivitas antioksidan yang di perankan vitamin C dan Vitamin A mampu menghambat laju oksidasi molekuler target, yang pada giliranya dapat menghentikan reaksi berantai pembentukan radikal bebas dalam tubuh.

Kedua vitamin ini sudah lama di kenal memilki aktivitas sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit, termasuk kanker, jantung koroner dan penuaan dini.

Hal yang sama di lakukan senyawa fenolik; myricetin, quercetin, tyramine dan ferulic acid yang terkandung pada Nanas mampu meredam reaksi berantai radikal bebas dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat menekan terjadinya penyakit kanker. Berbagai antioksidan alami ini di yakini mampu menghentikan radikal bebas sehingga tak berkeliaran mencari asam lemak tak jenuh dalam sel.

Pada umumnya semua sel jaringan organ tubuh dapat menangkal serangan radikal bebas karena di dalam sel terdapat sejenis enzim khusus yang mampu melawannya, tetapi karena manusia secara alami mengalami degradasi atau kemunduran seiring dengan peningkatan usia,

Akibatnya pemusnahan radikal bebas tidak dapat terpenuhi dengan baik, maka Kerusakan jaringan terjadi secara perlahan-lahan.

Serotonin yang terkandung pada sari buah nanas, selain berperan mencegah kanker juga dapat menghalau stress, sebab secara filogenetik, Serotonin adalah suatu neurotrasmitter primitif yang berperan dalam menghubungkan makanan dan otak.

Makanan yang rendah kandungan serotonin bila di konsumsi dalam waktu yang lama dapat mempengaruhi kandungan serotonin dalam otak sehingga bisa memicu terjadinya stress. Yang jika terjadi pada manusia dapat menimbulkan berbagai reaksi kimia, hormonal dan enzimatik.

Konsumsi Buah Nanas Menghalau Stress
Konsumsi Buah Nanas Menghalau Stress

Terdapat riset yang menyimpulkan bahwa stres dapat menciptakan perubahan dalam metabolisme meningkatkan detak jantung dan tarikan napas, menaikkan tekanan darah, menimbulkan sakit kepala, dan memicu serangan jantung.

Menurut penelitian di Uhio State University tahun 2008, Stres dapat memperparah kondisi pada penderita alergi. Hormon Strees akan memicu produksi imunoglobilin E (lg E), yaitu protein dalam darah yang menyebabkan reaksi alergi.

Resiko strees juga memicu hormon tertentu yang bisa meningkatkan tekanan darah tinggi. Efek Strees juga memicu pembentukan hormon kortisol semakin meningkat, meningkatnya hormon ini akan mengakibatkan tubuh mudah terkena infeksi.

Direktur pusat sakit kepala di Washington University, Todd Schwedt. MD, mengatakan,”Stress juga menyebabkan daya tahan tubuh akan menurun sehingga akan memicu terserang sakit kepala dan Migrain.

Agar tubuh mampu menghadapi strees maka kita perlu mensuplay serotonin ke dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah nanas 200 gram setiap hari secara teratur selama beberapa minggu, tubuh akan memperoleh manfaat ganda.

Selain kebutuhan vitamin C harian tubuh dapat terpenuhi, manfaaat lain adalah , tubuh yang mengalami stress berat dapat normal kembali, sekaligus dapat menurunkan kadar kolesterol darah sebesar 10%.

Tubuh akan memilki peluang awet muda dan terhindar dari penyakit yang terkait dengan penuaan dini seperti strees, kanker dan jantung koroner. jadi mengkonsumsi Buah Nanas setiap hari merupakan solusi yang cerdas dan alami untuk meredam reaksi berantai radikal bebas dan menormalkan stress.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s