Buah Ara, Sejuta Manfaat

buah ara

Pengarah Institut Pencegahan Penyakit di George Washington University Medical Centre menyatakan bahwa jika seseorang rutin mengkonsumsi buah Tin atau ara, sebenarnya telah mengkonsumsi makanan yang menjamin kesehatan dirinya dalam jangka panjang.

Buah ini benar-benar menyehatkan, tinggi serat dan bagus untuk Anda yang melakukan diet. Lebih sering memilih buah ara dan makanan berserat tinggi lainnya dalam menu makanan memiliki potensi kecil untuk membahayakan kesehatan Anda, buah ini sangat bagus untuk kesehatan Anda.” Begitu penjelasan singkat dari Dr. Oliver Alabaster,

Dalam satu studi yang di lakukan oleh Universitas Scranton, ditetapkan buah ara kering mengandung susunan polyphenols yang  tinggi, yang kaya akan antioksidan di bandingkan dengan buah lainnya.

Polyphenols merupakan antiseptic untuk membunuh mikro-organisme. Tingkat polyphenols dalam buah ara jauh lebih tinggi dari pada buah-buahan dan sayuran lainnya.  zat ini berfungsi sebagai antioksidan yang penting bagi tubuh,

Studi lain yang di lakukan oleh Universitas Rutgers di New Jersey, mengungkapkan bahwa asam lemak omega-3 dan omega-6 dan Phytosterol yang terkandung dalam buah ara kering, memainkan peran yang cukup besar dalam mengurangi kolesterol.

Omega-3 dan omega-6 tidak dapat di produksi dalam tubuh dan perlu di serap oleh makanan. asam lemak ini sangat di perlu kan untuk berfungsinya jantung, otak dan system saraf.

Sedangkan Phytosterol memungkinkan kolesterol dalam produk-produk hewani yang memiliki potensi untuk mengeraskan arteri jantung, akan di keluarkan dari tubuh tanpa memasuki aliran darah.

Serat larut pada buah tin yang di sebut pectin membantu dalam mengurangi kolesterol darah. Ketika serat ini melewati system pencernaan, serat pektin ini menyapu bola-bola kolesterol dalam usus dan membawanya keluar dari tubuh.(http://www.islampos.com/buah-ara)

Setiap 100 gram buah tin kering terkandung 12.2 g serat.Untuk ukuran buah-buahan kandungan Serat ini tergolong cukup tinggi, bagi yang merasa gemuk dan mengikuti ritual diet, buah tin sangat efektif untuk program penurunan berat badan.

Selain itu, serat yang tinggi pada buah tin juga dapat mengikat zat karsinogen pemicu timbulnya kanker di saluran cerna dan dapat memperlambat proses penyerapan glukosa di usus kecil. glukosa dan fruktosa mampu mengontrol kadar gula darah seseorang.

Kelebihan yang lain, buah tin rendah lemak, rendah sodium, rendah kalori dan bebas kolesterol.Nah.. bagi yang menderita diabetes, Buah Tin layak untuk di konsumsi sebagai makanan tambahan.

Setiap 100 gram buah fig mengandunng vitamin A, vitamin C, kalsium dan zat besi serta kalium. Kalium adalah mineral yang bersifat diuretik sehingga membantu mengeluarkan garam dalam tubuh.

Dari enam buah tin atau buah fig, memiliki 891 miligram ( mg) potassium (kalium), mineral yang berperan mengontrol hipertensi (tekanan darah tinggi), sedikitnya sudah mencukupi sekitar 20% dari kebutuhan harian tubuh,.

Kalium dalam buah tin mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis) sebab hilangnya kalsium melalui urin. Dalam sebuah penelitian selama 5 tahun di Netherland, makanan yang tinggi kandungan potassium atau kalium dihubungkan dengan menurunnya tingkat kematian dari berbagai macam penyakit yang biasa diderita usia 55 tahun keatas.

Keistimewaan buah Ara yang lain, kandungan kalisumnya mencapai 241mg/100 gram buah,.Fungsi dari kalsium membantu untuk meningkatkan kepadatan tulang. Apalagi jumlah kalisum pada buah ara 2 kali lipat lebih tinggi dari kandungan kalsium pada susu yang berkisar 118mg/100gram.

Hal ini sangat cocok bagi mereka yang alergi terhadap produk susu.Menjadikan buah ara makanan alternatif pengganti susu sebagai sumber kalsium untuk terapi pengobatan. Sedikitnya 6 buah tin setara dengan setengah cangkir susu tanpa lemak.

Namun, Sayang sekali sampai artikel ini di muat sama sekali belum ada buah tin di sekitar penulis,.jika pembaca berminat merasakan manfaat dan lezatnya memakan buah Tin…ada banyak situs yang menyediakan jasa penjualan buah tin secara on line di internet. Pembaca bisa langsung memesannya pada situs tersebut dan segera dapat merasakan manfaatnya….

Bukan hanya buahnya saja, daun buah ara pun juga mempunyai banyak manfaat Bahkan jauh sebelum itu, Tatkala di surga Adam dan Hawa menyemat dan memanfaatkan daun pohon ara untuk menutupi tubuh mereka sesaat setelah menyadari, bahwa diri mereka dalam kondisi tanpa busana. cerita ini merupakan kisah surgawi yang terjadi jutaan tahun yang lalu,

Mitologi di atas sama sekali tidak ada hubungannya dengan masalah kesehatan. namun dalam beberapa budaya, daun pohon Ara di makan karena di yakini dapat mengobati penyakit Diabetes dan menyembuhkan penyakit Ginjal.

Keyakinan ini bukan terinspirasi dari dongeng daun buah surga, yang di percayai oleh sebagian orang, pernah di gunakan Adam dan hawa untuk menutupi bagian tubuhnya,dari lutut sampai ke pusar, akan tetapi karena sifat-sifat daun ara sendiri, yang dapat mengurangi kebutuhan suntikan insulin dan mengandung alkaloid dan saponin.

Dokter Sidi Aritjahja, menyatakan alkaloid dan saponin pada daun ara bermanfaat sebagai diuretik serta bisa memperbaiki metabolisme protein dan lemak.

senyawa flavonoid terutama quecertin dan luteolin pada buah Ara, berperan sebagai senyawa anti radang dan antioksidan. senyawa anti radang berfungsi membantu mengurangi rasa nyeri.

sedangkan luteolin berkhasiat membantu proses metabolisme karbohidrat dan dapat meningkatkan sistem imun.

Menurut dokter sekaligus herbalis Yogyakarta itu, Kandungan senyawa diuretik itulah yang membantu menggerus batu yang mengendap sehingga bisa terbawa keluar bersamaan dengan keluarnya air seni.

Maksudnya bagi penderita penyakit ginjal rutin mengkonsumsi ramuan yang berbasis daun Ara akan dapat membantu mengikis batu yang mengendap di saluran kemih dan ginjal.

Konon, Sejak ribuan tahun silam, di tempat asal pohon ini tumbuh untuk pertama kalinya, masyarakat setempat mempercayai tradisi mengkonsumsi buah tin atau buah fig secara rutin dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara dan kanker kolon (usus besar).

Keyakinan ini, di warisi secara turun temurun dari nenek moyangnya, bukanlah suatu bentuk tradisi tahayul dan isapan jempol belaka sebab menurut penelitian ilmiah modern, buah Ara memang mengandung “polyphenols” yang tinggi; dimana zat ini berfungsi sebagai antioksidan.

Senyawa “polyphenols”alami ini dalam perannya sebagai antioksidan mampu menghentikan reaksi berantai “radikal bebas” sehingga tak berkeliaran mencari asam lemak tak jenuh di dalam sel.

Saat ini pun,Pakar-pakar makanan menyebut buah ara sebagai makanan Nutraseutikal (functional food),hal ini cukup beralasan karena sudah banyak pendapat dan hasil riset yang menyatakan, bahwa buah Surga bukan hanya sekedar makanan buah yang lezat dan penuh berkah,

Buah ara banyak mengandung mineral dan gizi yang bermanfaat untuk tubuh sehingga mengkonsumsi Buah Ara dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mampu mencegah dari serangan penyakit-penyakit tertentu untuk masa yang panjang. i.

Selamat Menikmati Manfaat Buah Surga.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s