Manfaat Buah Enau

250px-Arenga_pinnata_Blanco2.419
Enau atau di senut Arenga pinnata adalah palma yang terpenting setelah kelapa . Tumbuhan Aren ini dikenal dengan pelbagai nama seperti nau, hanau, kawung,

Tanaman ini hamper mirip dengan pohon kelapa. Perbedaannya,, jika pohon kelapa batang pohonnya bersih,  maka batang pohon aren ini sangat kotor karena batangnya terbalut  ijuk .

Pohon enau menghasilkan banyak hal, yang menjadikannya populer sebagai tanaman yang serbaguna, terutama sebagai penghasil gula.

.Tangkai bunga bila dipotong akan menghasilkan cairan berupa nira yang mengandung zat gula dan dapat diolah menjadi gula aren atau tuak. Buahnya dapat diolah menjadi bahan makanan seperti kolang-kaling  atau dapat juga dibuat manisan kolang-kaling

Kandungan gizi buah enau mengandung kalori 164, sodium 19.58 mg, potassium 170.88 mg, karbohidrat 42.61 g, protein 0.64 g, Vit A 3.56 IU, vit C 0.89mg, calcium 78.32 mg, iron 0.52mg

Buah Enau dapat di gunakan sebagai obat herbal. Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan buah Aren ini antara lain:

1. Sakit Demam.
Sepotong gula Aren dapat membantu menyembuhkan penyakit demam, Gula aren di campur dengan segelas air hangat kemudian di aduk sampai rata, lalu di minum.

2. Sakit perut.
Sepotong gula Aren, asam yang sudah ada dalam keadaan masak di campur dengan segelas air hangat kemudian di aduk sampai rata, Campurlah semua bahan itu dan aduk hingga rata, di saring sebelum di minum.

3. Smbelit.
Untuk mengatasi sembelit cukup dengan mencampur segelas air hangat dan sepotong gula aren kemudian meminumnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s