Entry Cache : Penjelasan Singkat

Dalam postingan terdahulu kita telah membicarakan Cache Memory. Dalam artikel ini kita akan menyinggung sedikit tentang Entry Cache.

Entry Cache merupakan Data yang ditransfer di antara memori dan cache pada blok dengan ukuran tetap, Data Blok atau Blok data di kenal dengan istilah Line cache (Garis Cache).

Pembuatan Entry Chace terjadi ketika garis cache disalin dari memori ke cache, Pembuatan Entri cache akan mencakup data yang disalin dari memori dan lokasi memori yang diminta (sekarang disebut tag).

Blok data (Line cache) berisi data aktual diambil dari memori utama. Tag berisi (bagian dari) alamat data aktual diambil dari memori utama.

sedangkan “Ukuran” dari cache adalah jumlah data memori utama . Ukuran ini dapat dihitung sebagai jumlah byte yang disimpan di setiap blok data di kali dengan jumlah blok yang disimpan dalam cache.

Ketika prosesor perlu membaca atau menulis lokasi di memori utama, pertama prosesor melakukan pemeriksaan pada entri yang sesuai atau data yang terkait dalam cache. Maksudnya apakah ada salinan data di temukan lokasi memori dalam Cache.

Pemeriksaan isi lokasi memori yang diminta dalam baris cache yang mungkin mengandung alamat yang di butuhkaan. Jika prosesor menemukan bahwa lokasi memori ada dalam cache, cache hit telah terjadi. Namun, jika prosesor tidak menemukan lokasi memori dalam cache, cache miss telah terjadi.

Penjelasan Singkatnya adalah :
Jika terjadi “ hit cache” , maka prosesor akan segera membaca atau menulis data dalam baris cache (Line Cache)
Jika terjadi “Cache Miss”, cache mengalokasikan entri baru dan salinan data dari memori utama, maka permintaan entry baru tersebut akan dipenuhi dari isi cache.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s