John Logie Baird, Penemu Televisi

John_Logie_BairdJohn Logie Baird, Demontrasikan Televisi di Depan Umum

John Logie mendemonstrasikan televisi hasil penemuannya di depan umum, tepatnya di Royal Institute London. Januari 1925, dia lah orang yang pertama kali menunjukkan bahwa gambar dapat di kirimkan melalui gelombang radio..

Penemu televisi ini lahir di Helensburgh, Skotlandia, 13 Agustus 1888, Sebelum ia berhasil mendemontrasikan televisi, ia mulai mengotak-atik mesin untuk mentransmisi gambar tersebut sejak tahun 1923.

Tak lama setelah itu, ia berhasil mengirim citra kasar melewati transmiter tanpa-kabel. Citra kasar itu berhasil di tangkap pewasat penerima yang berjarak beberapa meter.

Cakram pemindai Baird dapat menghasilkan gambar beresolusi 30 baris  dari lensa dengan spiral ganda. penemuan pertama ini ukuran resolusinya cukup untuk memperlihatkan wajah manusia.

Demonstrasi oleh Baird ini telah disetujui secara umum oleh dunia sebagai demonstrasi televisi pertama, sekalipun televisi mekanik tidak lagi digunakan pada saat itu.

.Pada tahun 1929, BBC melakukan siaran televisi perdana, menggunakan peralatan Baird. setahun kemudian, Baird menjual Televisi komersial pertama di Britania Raya.

Telivisi perdana ini di jual dalam bentuk penerima radio ditambah dengan komponen-komponen seperti tabung neon. alat  tersebut terletak di belakang cakram Nipkow yang menghasilkan gambar kemerahan. alat ini berukuran sebesar perangko pos yang dapat diperbesarkan lagi menggunakan lensa pembesar.

John_Logie_Baird_and_Stooky_Bill “Televisor” ciptaan Baird ini juga dapat digunakan tanpa radio. Pada tahun 1930–1933 merupakan pemasaran televisi masal yang pertama. Kira-kira 1.000 unit Televisor berhasil dijual. Sejak tahun 1933.sistem buatan Baird kalah bersaing dengan sistem baru. karena  “Televisor” ciptaan Baird belum memanfaatkan penggunaan tabung sinar-Katode .

Setahun kemudian, Perusahaan Elefunken di Jerman memproduksi Kotak televisi elektronik komersial pertama dengan tabung sinar katode tahun 1934, dua tahun kemudian, langkah Elefunken diikuti oleh produsen elektronik yang lain di Perancis  dan Britania Raya, setelah itu turut juga Amerika Serikat tahun 1938.

Pada tahun yang sama, untuk pertama kalinya olimpiade Berlin disiarkan ke stasiun televisi di Berlin dan Leipzig di mana masyarakat umum dapat menyaksikan setiap perlombaan secara langsung. Kira-kira sebanyak 19.000 unit televisi elektronik telah diproduksi di Britania, 1.600 unit di Jerman, dan 8.000 unit di Amerika

Pecahnya Perang Dunia II.membuat War Production Board terpaksa menghentikan produksi TV pada April 1942.

Pasca perang dunia, jumlah pemilik TV di Amerika meningkat sekitar 0,5% pada tahun 1946, lalu sampai 90% pada tahun 1962. hal itu terjadi setelah produksi TV diizinkan kembali Agustus 1945 .

Di Britania, jumlah pemilik TV meningkat dari 15.000 pada tahun 1947, meningkat hingga 15,1 juta pada tahun 1968.

Daftar Pustaka

  1. id.wikipedia.org/ John Logie Baird
  2. id.wikipedia.org/ Televisi
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s