Platter

Platter (sering disebut juga dengan “disks” atau “discs”) terdiri dari dua bahan: bendapadat yang membentuk platter itu sendiri dan zat magnetis yang membungkus platter ,yang digunakan untuk menyimpan data. Nama “hard disk” itu sendiri sesungguhnya didapatkan dari sifat platter yang keras jika dibandingkan dengan “platter” yang dimiliki disket (floppy disk) atau media lainnya yang fleksibel.

Dikarenakan platter adalah bagian yang digunakan untuk menyimpan data, makakualitasnya harus benar-benar baik. Tiap permukaan platter benar-benar dibuat dandiperlakukan dengan sangat tepat (melalui mesin tentunya) untuk menghindari cacat,serta hard disk itu sendiri dibuat pada suatu ruangan yang bersih (“clean room”) untuk menghindari partikel-partikel asing menempel pada platter pada saat pembuatannya.

Platter dibagi bagi ke dalam trak dari lingkaran platter dan sektor yang membagitiap lingkaran. Track adalah sebuah lingkaran data di salah satu permukaan disk. Trackterlalu besar untuk menangani data secara efektif dikarenakan se buah track dapatmenyimpan 100.000 atau lebih byte data.

Karena kapasitas yang besar tersebut makasangat tidak efisien jika digunakan untuk menyimpan data yang kecil. Karena alasan inilahmaka track dipisahkan menjadi beberapa sector.Ukuran dari platter adalah hal utama yang menentukan ukuran hard disk secarakeseluruhan, yang juga sering disebut dengan form factor.

Setiap hard disk diproduksidengan berbagai jenis form factor yang standar, diantaranya 5.25-inchi, 3.5-inchi, 2.5-inchi, PC Card dan CompactFlash.

Gambar Struktur Hardisk
Gambar Struktur Platter
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s