File System

File System
Disk adalah sebuah media penyimpan, yang dapat menyimpan file system. Ketikasebuah disk diformat, maka dia diorganisasi dan diformat agar bisa menerima data. Ketikakita melakukan format terhadap sebuah disk, disk tersebut menerima file system.File System atau didalam bahasa indonesia disebut sebagai sistem berkas.
merupakan metoda untuk memberi nama pada berkas dan meletakkannya pada mediapenyimpanan (disk). File system digunakan untuk menentukan konvensi penamaanberkas dan peletakan berkas pada struktur direktori.Dua karakteristik penting disk yang menjadikan disk sebagai media yang tepat untukmenyimpan berbagai macam berkas yaitu :

  • Data dapat ditulis ulang di disk tersebut, hal ini memungkinkan untuk membaca,memodifikasi, dan menulis di disk tersebut.
  • Dapat diakses langsung ke setiap blok di disk. Hal ini memudahkan untukmengakses setiap berkas baik secara berurut maupun tidak berurut, dan berpindahdari satu berkas ke berkas lain hanya dengan mengangkat head disk danmenunggu disk berputar..

File system format :

  • FAT (File Allocation Table)FAT atau lebih umum disebut sebagai FAT16 merupakan sebuah file system yangkonvensional. FAT16 mula-mula dirancang untuk menangani suatu file, dan setelahdilakukan modifikasi selama bertahun-tahun sehingga sudah melewati pembatasan pemberian nama file yang asli yaitu 8.3 karakter.
  • FAT16 mempunyai ukuran blok 32KB. Contoh : File berukuran 35 KB akan menempati dua buah blok jika menggunakanFAT16.
  • FAT32, mulai dipergunakan sejak versi windows 95 B (Desember 1995).Merupakan pengembangan dari FAT16.
  • HPFS (High Performance File System), hanya digunakan oleh OS/2
  • NTFS (New Technology File Sistem)File system ini digunakan oleh keluarga Windows NT dan Windows XP. File systemini menawarkan berbagai macam kelebihan seperti pembatasan jumlah pemakaiandisk (kuota) dan bahakan juga enkripsi.
  • Netware
  • etc
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s