RAM (Random Access Memory)

1.RAM (Random Access Memory)

•FPM DRAMFast Page Mode (FPM) DRAMStandar DRAM diakses dengan menggunakan teknik yang dinamakanpaging. Akses memori secara normal membutuhkan kolom dan baris yangdipilih berdasarkan waktu. Paging membuat akses memori menjadi lebihcepat dengan cara memberikan alamat baris secara tetap dan hanyamengganti kolom. Memori yang menggunakan teknik ini dinamakan PageMode atau Fast Page Mode memory. Variasi lain dari FPM Ram adalahStatic Column atau Nibble Mode Memory.

•EDO RAMEDO (Extended Data Out) RAM Pertama kali digunakan pada mesin Pentium pada tahun 1995. EDO Ram adalah hasil modifikasi dari FDM memori. EDO ditemukan dan dipatenkan oleh Micron Technology. Burst EDO Merupakan variasi dari EDO adalah Burst Extended Data Out Dynamic Random Access Memory (BEDO RAM).BEDO pada dasarnya adalah memori EDO yang menggunakan burst features untuk menambah kecepatan transfer data di bandingkan dengan EDO standard. Kenyataannya hanya ada satu chipset yang mendukung penggunaan memori ini yaitu Intel 440FX Natoma. Memori ini hanya dipakai sebentar kemudian digantikan dengan SDRAM.

Contoh. RAM

•SD RAM Synchronous DRAM, adalah type DRAM yang berjalan dengan mensinkronisasikan dengan bus memory. DRAM mengirimkan informasi dengan kecepatan yang luar biasa. Dimulai pada tahun 1997 dengan chipset 430VX dan 430TX, sebagian besar dari Chipset Intel sudah mendukung penggunaan SDRAM yang menjadikannya populer di system yang baru.

Contoh: SDRAM

•DDR Double Data Rate (DDR) SDRAM adalah design evolusi terbaru dari SDRAM standar yang dapat mengirimkan data dua kali lebih cepat.

 

Contoh. DDR2 dan DDR3 RAM
Iklan

2 thoughts on “RAM (Random Access Memory)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s