Sejarah Internet

sejarah internet

Sejerah Perkembangan Internet

Konsep dasar Internet muncul pada tahun 1960.  seorang imuwan bernama  J. C. R. Licklider dari MIT (Massachutts Institute of Technology)   memperkenalkan istilah  “Man-Computer Symbiosis” (Simbiosis Komputer-Manusia) dalam sebuah karya ilmiahnya.

Istilah tersebut ia definisikan sebagai “jaringan komputer yang terkoneksi satu sama lain melalui pita komunikasi lebar yang berfungsi sebagai perpustakaan, dilengkapi dengan teknologi penyimpanan dan pencarian informasi.”

Selain itu Licklider bersama seorang ilmuwan lain bernama Welden Clark juga menerbitkan karya lainnya yang berjudul “On-Line Man-Computer Communication  (Komunikasi Manusia-Mesin Dalam-Jaringan).

Dalam karya tersebut, ia menjelaskan tentang bagaimana kehidupan manusia berubah dengan adanya jaringan komputer yang saling terhubung

Pada tahun yang sama, Paul Baran menerbitkan sebuah penelitian mengenai sistem jaringan untuk militer Amerika Serikat. Sistem ini dirancang untuk dapat bertahan seandainya terjadi perang nuklir.

Dengan sistem ini, informasi yang melintas dibagi-bagi dalam bentuk yang lebih kecil, yang disebut sebagai message-block (blok pesan).

Di tempat lain, Donal Davies juga mengembangkan teknologi jaringan yang hampir mirip. Teknologi ini berbasis sebuah sistem yang ia beri nama packet-switching,

Kemudian Tommy Krash dan Paul Baran melanjutkan Riset yang di danai oleh militer Amerika Serikat, mereka berusaha memanfaatkan sistem message-block yang ditemukan sebelumnya untuk memecahkan masalah kerentanan struktur pada teknologi sistem jaringan yang ada.

Kerentanan ini terjadi akibat struktur routing yang terpusat, sehingga bila rusak seluruh sistem akan ikut terganggu karenanya. Message-block memberikan alternatif karena memungkinkan redundansi jaringan.

Dua tahun kemudian, tahun 1962, Licklider mendapatkan tawaran dari Jack Runia untuk bekerja sebagai direktur Information Processing Techniques Office (IPTO), sebuah divisi baru di dalam DARPA.

Tujuan dari tim ini adalah untuk membuat jaringan yang menghubungkan tiga komputer utama Departemen Pertahanan Amerika Serikat di Pegunungan Cheyenne, Pentagon, dan SAC HQ.

Licklider menyetujuinya dan segera membentuk tim yang ia sebut sebagai “Members and Affiliates of the Intergalactic Computer Network” (“Anggota dan Afiliasi Jaringan Komputer Antargalaksi”).

Pada 1965 peneliti dari MIT bernama Lawrence G. Roberts (Larry Roberts) dan Thomas Merill melakukan koneksi komputer TX-2 di MIT dengan komputer Q-32 di California menggunakan jalur telpon berkecepatan rendah untuk menciptakan jaringan berskala luas untuk pertama kalinya.

Pada tahun 1966 Larry Roberts mengembangkan konsep jaringan komputer/ Kemudian beliau merencanakan jaringan yang disebut ARPANET yang dipublikasikan pada tahun 1967.

Pada tahun 1969 ARPANET telah melibatkan empat buah komputer yang terkoneksi. Komputer pertama berada di University of California Los Angelos, komputer ke dua berada di Stanford Research Institute, komputer ketiga berada di University of California Barbara dan komputer ke empat berada di University Utah.

Pada tahun 1971 Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.

Pada tahun ini juga protokol Telnet dan FTP berhasil dibangun. Selain itu Ray Tomliinson menulis program yang memungkinkan surat elektronik dikirimkan ke jaringan ARPNET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer.

Pada tahun 1972 ARPANET menggunakan NCP untuk menstransfer data dan ARPANET berhasil melakukan koneksi international yang pertama dengan University College of London dan Royal Establishment di Norwegia.

Pada tahun ini juga di bentuk sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer. Pembicara utama organisasi ini adalah seorang ahli komputer yaitu Vinton Cerf.

Selanjutnya. Pada tahun 1973, Vinton Cerf mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet, ide ini di presentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. kemudian Pembicara pertama dari organisasi (INWG) ini, disebut sebagai “Bapak Internet“.

Pada tahun ini juga jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia bergabung menjadi anggota ARPANET.

Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet.

Pada tahun 1974 Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel “A Protocol for Packet Network Interconnection“.

Sedangkan Bolt, Beranet & Newman (BBN), kontraktor ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.

Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis mahasiswa dari Duke University dan Steve Bellovin dari Universitas North Carolina menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. dan. Pemakai dari seluruh dunia bergabung ke grup diskusi ini membicarakan masalah jaringan, politik, agama dan berbagai topik lainnya.

Dua tahun setelah itu, padat ahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link,

Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan.

Kemudian pada tahun 1982 DCA atau Defense Communication Agency dan DARPA membentuk protokol standart yang disebut TCP/IP untuk ARPANET.

Pada tahun 1982 tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet. Tahun inilah Istilah “Internet” pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut. Saat itulah Internet didefinisikan sebagai sekumpulan jaringan yang terhubung yang menggunakan TCP/IP sebagai protokol.

Pada tahun 1983 John Postel dan Paul Mockapetris dan Craig Partidge mengembangkan Domain Name System (DNS) dan mengusulkan sistem pengamatan berbentuk user@host.cdomain.

Pada tahun 1984 DNS diperkenalkan di internet dengan menyebutkan nama-nama jenis domain seperti . gov, .mil,.org, .net dan .com.

Pada tahun 1986 TCP/IP mulai tersedia pada workstaiton dan PC. Tahun ini pula National Science Foundation mendanai NSFNET sebagai tulang punggung internet berkapasitas 56 kbps dan mengatur internet hanya ditujukan untuk kepentingan riset dan pemerintah yang bersifat tidak komersial.

Pada tahun 1988 Internet Relay Chat disingkat IRC dibuat oleh Jarkko Oikarinen yang berguna untuk malakukan chatting secara online melalui komputer

Pada tahun 1989 Australia, Jerman, Israel, Italia, Jepang, Mexico, Belanda, Selandia Baru dan Inggris bergabung ke internet. Jaringan bernama JUNET di Jepang mulai berhubungan dengan NSFnet.

Pada tahun 1989, TIM Berners_lee periset dari inggris yang bekerja di CERN, Swiss, mengajukan konsep yang disebut sistem hypertext. Sistem ini memungkinkan melihat dukument secara melompat-lompat dan bisa berjalan dalam sistem operasi yang berbeda-beda. Konsep inilah yang disebut World Wide Web atau dikenal dengan nama Web.

Pada tahun 1990 Departemen Pertahanan Amerika membubarkan ARPANET. Saat itu jaringan tersebut berkembang dari 4 buah host menjadi 300.000 host. Saat itu Singapura membangun jaringan TECHNET dan ikut bergabung di internet. Pada tahun ini pula beberapa perangkat lunak  Gopher dan WAIS mulai dipakai.

Pada tahun 1990 World Wide Web (WWW) diluncurkan oleh CERN di Jenewa, Swis. Tim Berner Lee menciptakan Hypertext Markup Laungage atau disingkat HTML yang menggunakan URL untuk pengalamatan Web. HTML adalah suatu bahasa yang digunakan untuk menyusun tampilan WEB.

Pada tahun yang sama Archie dibuat oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch, Archie adalah Utilitas pencari pertama yang digunakan untuk melakukan pencarian di internet.

Cara kerja program tersebut adalah mengunduh daftar direktori serta berkas yang terdapat pada layanan ftp publik (anonim) kemudian memuatnya ke dalam basisdata yang memungkinkan pencarian.

Pada tahun 1991 tulang punggung NSFNET diperbaharui dengan kecepatan 44Mbps. Koneksi mencakup 100 negara dan melibatkan lebih dari 600.000 host dan kira-kira 5.000 jaringan..

Pada tahun 1992 jumlah jaringan sudah melampaui 7.500 buah dan jumlah komputer yang terkoneksi sebanyak 1.000.000. Saat itu, audio dan video mulai ada di internet.

Pada tahun itu pula, Veronica, sebuah perangkat pencarian teks, dikeluarkan di Universitas Nevada dan muncul Mozaic browser pertama yang diciptakan oleh .Marc Andresen dan Eric Bina. Mozaic  Software ini memadukan texts dan gambar.

Di susul  mesin pencari Yahoo! (Yet Another Hierarchical Officious Oracle) didirikan oleh dua orang mahasiswa Universitas Stanford yaitu Jerry Yanf dan David Filo Pada Tahun 1994. Yahoo! terkenal sebagai portal yang menyediakan email gratis dan mesin pencari informasi. Pada tahun ini pula Amazon.com didirikan oleh Jeff Bezos.

Empat tahun kemudian pada tahun 1998 Larry Page dan Sergey Brin mahasiswa Universitas Stanford meluncurkan mesin pencari yang terkenal sampai saat ini yang di beri nama Google.

Setelah Yahoo mampu pada posisi puncak di sekitar tahun 2000, Google mampu menerobos liga besar,  sehingga Google dipandang sebagai mesin pencari yang utama seperti yang kita ketahui pada hari ini.

Iklan

20 thoughts on “Sejarah Internet”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s