Mengapa Belajar Bahasa Pascal

olimpiade pascal 2015

Bahasa Pascal saat ini menjadi mata pelajaran muatan lokal di jenjang SMA. Setiap tahun pemerintah kabupaten dan kota menyelenggarakan olimpiade pascal untuk tingkatan sekolah menengah ke atas, lalu bagi peserta pemenang di kirim ke olimpiade tingkat propensi, kemudian akan di kirim ke pusat untuk mengikuti olimpiade tingkat nasional, setelah itu bagi yang berbakat akan maju ke tingkat olimpiade internasional.

Bahasa Pascal, Merupakan bahasa pemrograman yang terstruktur dan mudah dimengerti.  Bahasa Pascal digunakan dalam Perlombaan International Olympiade in Informatics (IOI), disamping bahasa C dan C++. Bahkan Olimpiade Sains Nasional pun menggunakan bahasa Pascal. Merupakan keuntungan yang berlipat-lipat apabila memahami bahasa Pascal dan terbiasa menyelesaian permasalahan dengan Pascal. Terakhir, Bahasa Pascal Support database, mempunyai IDE yang cukup mudah dan mempunyai kompatibilitas nya tinggi.

Kelebihan yang lain, kenapa Kita Harus Belajar Tentang Pascal.

Kelebihan dari bahasa pemrograman Pascal adalah:
  • Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: boolean, integer, real, char, string,
  • User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
  • Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.
  • Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure danfunction) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
  • Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.
  • Kecepatan (speed)
    Kecepatan bahasa pascal untuk mengkompilasi baris program dapat dikatakan sekejap mata saja. Anda banyangkan kode baris program yang ribuan jumlahnya diterjemahkan dalam hitungan detik. Coba anda buktikan dengan bahasa pemrograman lainnya (C, C++, Java, dll)
  • Tipe data yang kuat
    Pascal mengijinkan pemakainya untuk membuat tipe data sendiri, tetapi dengan beberapa batasan. Pascal tidak mengenal pengubahan tipe data (type casting) dan hal ini tentu saja memberi manfaat karena kemungkinan timbulnya kesalahan (error) kecil. Hal ini merupakan salah satu alasan utama yang dilakukan panitia ujian masuk mahasiswa untuk mata ujian komputer di Amerika.
  • Ukuran
    Hasil compilasi dari program pascal hanya beberapa kilo byte saja. Sungguh kecil. Bila kita bandingkan dengan kapasitas ruang hard disk yang 40 mega byte, dapat dibanyangkan berapa besar program pascal yang dapat kita buat.
  • Portabilitas
    Portabilitas berarti program pascal dapat berjalan pada jenis komputer yang berbeda, seperti : IBM, Apple, dll.
  • Produktivitas
    Untuk belajar suatu bahasa pemrograman pada dasarnya sama, yaitu : harus mengenal aturan dan struktur data dari bahasa tersebut. Anda dapat bayangkan kalau tukang bangun tidak memiliki arsitektur yang jelas tentang bangunan rumah tersebut, tentu saja rumah yang akan dibangun tidak akan baik. Pascal menyediakan struktur data yang jelas, dengan demikian produktivitas hasil kerja kita tentu saja akan bertambah.

Selain itu ada beberapa manfaat lain bahasa  pascal sehingga pemrograman ini masih  tetap di minati hingga sekarang. untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional pada bidang komputer, para pelajar lanjutan tingkat atas  dituntut memeiliki kemampuan dan skill pemograman Pascal yang cukup memadai. kenapa pascal menjadi pilihan materi kompetesi sains di Olimpiade untuk para pelajar, alasan yang rasional adalah sebagai berikut :

  • Bahasa Pemrograman Pascal lebih mudah dibuat karna  mudah untuk dipahami. 
    Bahasa Pascal merupakan bahasa yang cukup mudah di pahami, karena menggunakan bahasa manusia (high Level Language) atau bahasa tingkat tinggi. Sehingga lebih mudah untuk dipelajari bagi orang-orang yang mau masuk ke dalam dunia pemrograman. Selain itu struktur yang ada pada pascal jauh lebih rapi dibandingkan bahasa pemrograman lainnya seperti C++ dan juga Java.
  • Melatih Logika (Bahasa Pascal mengajak kita untuk berpikir.
    Pada kecanggihan bahasa pemrograman sekarang. Bahwa kita dapat membuat sebuah program dengan mudah, saya ambil contoh simple untuk mengurutkan (sorting) bilangan, pada bahasa pemrograman C++ anda tinggal menggunakan fungsi sort(), sedangkan pada pascal ? anda harus menggunakan logika anda untuk mengurutkan bilangan tersebut.
  • Bahasa Pascal mudah di pelajari bagi pemula yang ingin memasuki dunia pemrograman. 
    Untuk pemula akan jauh lebih mudah mempelajari bahasa pemrograman pascal. Sebab Pascal menggunakan tipe data standar, Memiliki fungsi perulangan dan percabangan yang dapat di aplikasikan ke bahasa pemograman lain, menguasai bahasa pascal  akan lebih mudan untuk bermigrasi ke bahasa pemrograman lain, dan rata=rata  anda akan jauh lebih cepat dibandingkan pemula yang sebelumnya tidak mengenal bahasa pascal.

Untuk belajar suatu bahasa pemrograman harus mengenal aturan dan struktur data dari.  Pascal menyediakan struktur data yang jelas, dengan demikian produktivitas hasil kerja  akan bertambah. Dan  Bahasa Pemograman Visual Delphi merupakan turunan dari turbo pascal. memahami struktur dari program pascal, maka untuk menguasai Visual Delphi akan lebih mudah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s